Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional Simak! Ada Larangan Vonis Aman Disiarkan Langsung, Ini Alasannya

Simak! Ada Larangan Vonis Aman Disiarkan Langsung, Ini Alasannya

Aman Abdurrahman, terdakwa kasus terorisme, hari ini menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis. Sidang dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jumat (22/6).

Ada yang berbeda dengan sidang Aman, hari ini siaran langsung televisi atau radio dilarang untuk menyiarkan sidang pengadilan beragenda pembacaan vonis tersebut.

Sidang hari ini dimulai pagi tadi, tepat pukul 08.45 WIB. Polisi yang berjaga langsung melakukan sterilisasi dan meminta wartawan keluar dari area ruang sidang utama, khusunya bagi wartawan televisi, foto, dan yang membawa ponsel.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar memberikan pengertian kepada awak media. Bahwa mereka boleh meliput namun tidak boleh membawa ponsel atau alat perekam lainnya.

“Kami selama sidang tidak ada rekaman. Jadi sidang hari ini sesuai imbauan bahwa tidak ada live, HP juga (tidak boleh),” kata Indra kepada wartawan.

Indra lalu memberi penjelasan bahwa tindakan kepolisian ini ada alasannya. Ia mengatakan hal itu dilakukan demi keselamatan dan keamanan. Sementara larangan siaran langsung demi mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga sudah bersurat dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang mereka juga meminta untuk tidak menyiarkan secara live. Di khawatirkan siaran langsung membuat dampak seperti menyebarkan ancaman kepada masyarakat sehingga menimbulkan kekhawatiran,” kata dia.

Indra menegaskan, kepolisian benar-benar akan memberi pengamanan guna mencegah adanya penyebaran paham-paham dan ideologi radikalisme ke masyarakat yang menonton siaran tersebut.

 

Sumber : Simak! Ada Larangan Vonis Aman Disiarkan Langsung, Ini Alasannya
Simak! Ada Larangan Vonis Aman Disiarkan Langsung, Ini Alasannya
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments