Friday, July 30, 2021
Home KESEHATAN Simak! Sudah Sahur Malah Lemas, Ini Penyebabnya

Simak! Sudah Sahur Malah Lemas, Ini Penyebabnya

Waktu berbuka puasa dan sahur adalah momen-momen yang dinanti selama bulan Ramadan. Makan sahur menjadi penting untuk mempersiapkan energi tubuh guna beraktivitas selama seharian berpuasa.

Namun, beberapa orang justru merasa lemas saat berpuasa meski masih pagi dan sudah makan sahur. Dikutip dari THE Health Site, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan salah yang menyebabkan tubuh lemas meski sudah menyantap sahur.

1. Makan Terlalu Banyak

Sebagian orang pasti menduga dengan makan porsi besar atau sebanyak mungkin saat sahur akan membuatnya terus kenyang dan kuat berpuasa. Namun ternyata anggapan itu keliru.

Menurut nutritionist Dr Neha Sanwalka, makan banyak-banyak saat sahur akan menjadi beban bagi perut. Hal itu menyebabkan gangguan pencernaan, heartburn, dan kembung sehingga Anda malah merasa tidak enak badan. Makan secukupnya dengan berbagai kandungan nutrisi lebih dianjurkan.

2. Langsung Tidur

Hindari langsung tidur setelah setelah makan, termasuk makan sahur. Tidur setelah makan tidak baik karena bisa memicu asam lambung balik arah ke kerongkongan sehingga menyebabkan gangguan saluran cerna.

Akibatnya asam lambung naik dan bisa menimbulkan banyak komplikasi kesehatan yang berdampak membuat Anda lemas. Sebaiknya tunggu 1-2 jam setelah makan jika Anda benar-benar ingin tidur.

3. Banyak Minum Teh

Minum teh sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, terutama es teh ketika berbuka dan teh hangat ketika waktu sahur.

Namun, tahukah Anda, teh mengandung kafein dan bersifat diuretik, artinya meningkatkan frekuensi buang air kecil. Alhasil tubuh justru bisa mengalami dehidrasi dan rasa haus makin terasa. Kalau sudah begitu, tubuh akan terasa lemas.

Jika ingin minum teh, minum secukupnya saja dan kurangi pemakaian gula dalam teh Anda.

4. Banyak Minum Air

Biasanya mendekati waktu imsak, orang-orang bergegas minum air putih sebanyak-banyaknya dengan tujuan agar tak mudah haus.

Tapi kenyataannya, minum air dalam jumlah banyak dalam sekali waktu justru bisa membuat perut kembung dan berefek ke kondisi tubuh yang tidak baik/lemas. Sebaiknya minum air secara perlahan dan bertahap. Juga lebih baik konsumsi buah-buah yang banyak mengandung air.

5. Makan Makanan Manis

Agar tubuh tetap berenergi seharian ketika berpuasa, jangan lupa konsumsi karbohidrat dari sumber makanan yang mengandung pati kompleks. Misalnya nasi merah, oatmeal, roti gandum atau kentang rebus.

Hindari asupan karbohidrat lain yang sederhana dari makanan manis seperti cokelat, kue atau permen. Karena makanan dengan karbohidrat sederhana dicerna dengan cepat oleh tubuh sehingga energinya juga lebih cepat dilepas dari tubuh. Akibatnya tubuh cepat lemas di siang hari.

Sumber : Simak! Sudah Sahur Malah Lemas, Ini Penyebabnya
Simak! Sudah Sahur Malah Lemas, Ini Penyebabnya
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments