Monday, October 25, 2021
Home Nasional Skenario Basarnas Selamatkan Pemudik Darurat Medis dari Kemacetan

Skenario Basarnas Selamatkan Pemudik Darurat Medis dari Kemacetan

Badan Search And Rescue (SAR) Nasional mengadakan simulasi penanganan dan evakuasi korban darurat medis terdampak kemacetan tol.

Humas Basarnas Kantor SAR Semarang, Zulhawary Agustianto, mengatakan bahwa simulasi ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan parah di ruas tol Batang-Grinsing.

“Kali ini dilakukan di jalan tol yang sedang difungsikan, Tol Batang-Grinsing,” kata Zulhawary, Senin (19/6).

Dengan keterbatasan di jalur darat akibat macet, proses evakuasi mau tidak mau harus dilakukan melalui jalur udara. Kegiatan simulasi berlangsung menggunakan helikopter jenis Dolphin milik Badan SAR Nasional (Basarnas). Helikopter melakukan overing di ketinggian 25 meter yang kemudian disusul oleh petugas rescue yang turun menyelamatkan korban.

Sebelum dievakusi menggunakan helikopter, terlebih dahulu dilakukan penanganan awal dengan pemeriksaan (assesment) tim penyelamat yang menggunakan motor trail. Jika kondisi korban serius, perlu penanganan medik maka korban dibawa ke Rumah Sakit melalui udara.

Operasi penanganan udara mutlak dilakukan guna mengatasi situasi medis darurat yang bisa saja menimpa pemudik di tengah perjalanan. Kondisi darurat medis di jalan tol dapat diakibatkan oleh kelelahan, dehidrasi, kepanasan (heat exhaustion), hingga penyakit jantung.

Untuk diketahui, pada tahun 2016, sejumlah pemudik meninggal dunia ketika terjadi kemacetan parah di tol Brebes exit (Brexit) akibat kelelahan dan juga riwayat penyakit yang diderita. Dengan adanya simulasi ini, Basarnas berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Basarnas dengan segala kekuatan dan kemampuan yang dimiliki berusaha untuk mencegah hal itu terjadi lagi,” pungkas Zulhawary.

 

 

Sumber : Skenario Basarnas Selamatkan Pemudik Darurat Medis dari Kemacetan
Skenario Basarnas Selamatkan Pemudik Darurat Medis dari Kemacetan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments