Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Slamet Soebjakto: Komoditas Laut yang Bernilai Ekonomi Tinggi Cenderung Diekspoloitasi

Slamet Soebjakto: Komoditas Laut yang Bernilai Ekonomi Tinggi Cenderung Diekspoloitasi

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, mengatakan bahwa komoditas laut yang bernilai ekonomis tinggi cenderung dijadikan objek eksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya permintaan dan harga yang menggiurkan membuat pelaku eksploitasi terus melakukan aksinya di laut dan merugikan ekosistem laut yang ada.

Slamet Soebjakto mengaku prihatin dengan maraknya perilaku eksploitasi tersebut.

“Kita tentu prihatin dengan kondisi ini. Oleh karena itu, perlu ada upaya konkrit untuk memulihkan ketersediaan rajungan ini. Peran teknologi budidaya, saya rasa, bisa didorong sebagai penyangga stok komoditas yang terancam seperti rajungan ini,” kata Slamet di Jakarta, Senin (12/6).

Lebih lanjut, ia mencontohkan salah satu komoditas laut yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi yakni rajungan atau portunus sp.

Ia mengatakan bahwa dengan harga jual mencapai Rp 70.000 per kilogram sangat menggiurkan para pelaku eksploitasi untuk terus memburu rajungan yang ada.

“Apa lagi saat ini permintaannya cenderung terus naik terutama dalam memenuhi permintaan pasar ekspor ke berbagai negara khususnya Amerika Serikat,” katanya.

Sementara itu, data Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2015 menunjukkan volume ekspor rajungan dan kepiting Indonesia mencapai 29.038 ton dengan nilai ekspor mencapai US$321,842.00

Untuk mengantisipasi terus maraknya pengeploitasian rajungan, banyak langkah yang dilakukan oleh pemerintah termasuk salah satunya dengan menerbitkan Permen KP No. 52 Tahun 2016 yang digunakan sebagai perangkat untuk melakukan perlindungan terhadap komoditas yang terancam termasuk rajungan. Menurutnya, Permen KP No. 52 Tahun 2016 tersebut memiliki nilai yang sangat strategis bagi para nelayan dan masyarakat.

“Permen ini merupakan jawaban bagaimana di satu sisi kelestarian rajungan bisa dijaga, namun di sisi lain masyarakat akan menikmati nilai ekonominya secara langsung,” ujarnya.

Ia berharap, sejumlah langkah strategis yang diambil KKP saat ini mampu membendung banyaknya perilaku eksploitasi rajungan sehingga populasinya dapat meningkat secara signifikan.

 

Sumber : Slamet Soebjakto: Komoditas Laut yang Bernilai Ekonomi Tinggi Cenderung Diekspoloitasi
Slamet Soebjakto: Komoditas Laut yang Bernilai Ekonomi Tinggi Cenderung Diekspoloitasi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments