Smartphone TikTok Dirilis, Spesifikasinya?

0
20

Induk perusahaan TikTok ByteDance akhirnya merilis smartphone pertama mereka. Smartphone TikTok ini bernama Jianguo Pro 3. Perangkat ini merupakan dibesut oleh pembuat smartphone asal Tiongkok Smartisan.

Sebelumnya, disebutkan awal tahun ini, ByteDance mengakuisisi sejumlah paten dan talenta dari Smartisan. Selanjutnya, ByteDance membantu dalam pembuatan Jianguo Pro 3 dan mengepaknya dengan sejumlah fitur-fitur kenamaan. Meski begitu, ByteDance tidak mengubah nama smartphone dan tetap mempertahankan nama Jianguo Phone.

Mengutip laman Engadget, Senin (4/11), para pengguna smartphone ini akan bisa membuka aplikasi Douyin alias TikTok versi Tiongkok dengan cara menggeser layar ke atas.

Para pengguna juga bisa mengaplikasikan efek dan filter ke video dengan durasi yang diinginkan.

Jadi, meskipun smartphone masih berada di bawah merek Smartisan, ByteDance bisa mendapatkan platform khusus untuk berbagai aplikasi dan fitur di smartphone ini.

Smartphone TikTok Jianguo 3 dijual di Tiongkok dengan harga 2.899 yuan atau setara Rp 5,7 jutaan.

Perangkat ini hadir dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 855, RAM 12GB dan memori internal 256GB. Tidak lupa, smartphone TikTok ini juga dibekali dengan empat kamera.

Mei lalu, kabar tentang smartphone TikTok pertama kali muncul ke permukaan.

Laporan dari Financial Times saat itu menyebut, CEO ByteDance, Zhang Yiming, sebenarnya sudah lama menginginkan sebuah smartphone yang dilengkapi aplikasi-aplikasi milik perusahaannya.

Perusahaan yang bermarkas di Beijing itu mengkonfirmasi mereka bakal merilis ponsel pintar setelah membuat kesepakatan dengan pembesut smartphone Smartisan, awal tahun ini.

ByteDance mengatakan, telah mengakuisisi portofolio paten dan mempekerjakan beberapa karyawan Smartisan.

“Ini akan membantu perusahaan mengeksplorasi dalam bisnis pendidikan,” kata ByteDance.