Soal Blok Rokan, Begini ‘Nasib’ Proposal Chevron dan Pertamina Saat Ini

0
373

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto, mengatakan, masih mengevaluasi proposal Chevron dan Pertamina, untuk memastikan siapa yang akan menjadi operator Blok Rokan ke depan.

“Lagi dievaluasi,” tukas Djoko di Jakarta, Senin (30/7).

Djoko pun mengaku, belum bisa memastikan kapan waktu pengumuman operator blok migas tersebut.

“Nanti lah, satu-satu aja dulu sabar,” kata Djoko, dikutip dari detikfinance.

Diketahui, sejauh ini, Pemerintah masih memprioritaskan Blok Rokan dengan dasar Permen ESDM Nomor 23/2018. Selain itu, Chevron cukup agresif untuk terus melanjutkan operasionalnya di blok Rokan. Rencananya, Chevron akan mengelontorkan investasi senilai USD88 miliar jika kontraknya di perpanjang.

Di sisi lain, Pertamina juga sangat menginginkan pengelolaan blok Rokan bisa diberikan ke Pertamina. Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, mengatakan bahwa Pertamina ingin pengelolaan Blok Migas Rokan di Riau 100% di kelola oleh Pertamina.

Meski mendapatkan saingan berat dengan modal yang besar, namun Nicke optimis hak kelola blok Rokan akan diberikan ke Pertamina. Sebab kata dia, Pertamina berkepentingan untuk meningkatkan produksi migas demi menjamin ketersedian minyak dalam mencukupi konsumsi dalam negeri.

“Proposal kitakan sudah masuk. Mau dong maunya kita 100%,” kata Nicke di Jakarta, belum lama ini.

 

 

Sumber : Soal Blok Rokan, Begini ‘Nasib’ Proposal Chevron dan Pertamina Saat Ini..
Soal Blok Rokan, Begini ‘Nasib’ Proposal Chevron dan Pertamina Saat Ini..
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here