Thursday, September 16, 2021
Home ENERGI UMUM Soal Geothermal, Dirjen EBTKE Yakin Capai Target

Soal Geothermal, Dirjen EBTKE Yakin Capai Target

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, mengatakan bahwa pada semester I 2017 ini, pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) akan sesuai target.

Hal ini berdasarkan realisasi semester I 2017 yang menyatakan pembangkit listrik dari panas bumi sebesar 1.698,5 MW.

“Itu sesuai target semester I 2017, dan target tahun ini 1.858,5 MW. Kita yakin target dapat tercapai, belum lagi ada tiga tambahan pembangkit panas bumi lagi. Akhir bulan Desember mudah-mudahan bisa mencapai target,” ujar Rida di kantornya, Jakarta, Jumat (7/7).

Tiga pembangkit ini, lanjut Rida, meliputi Sarulla (Sumatera Utara) sebesar 100 MW, Karaha (Jawa Barat) 30 MW, dan di Sorikmarapi sebesar 20 MW.

Rida juga menjelaskan mengenai pembangunan pembangkit listrik bioenergi. Menurutnya, realisasi pada semester I 2017 ini 1.799,9 MW dan masih di bawah target sebesar 1.825 MW.

“Target tahun ini dari bioenergi 1.881 MW,” jelasnya.

Selain itu, untuk realisasi pembangkit listrik tenaga surya serta mikro hidro, sudah sesuai target sebesar 12,45 MW. Meski begitu, Rida tetap menargetkan 124,28 MW dari keduanya.

Untuk realisasi penggunaan bahan bakar nabati (BBN), masih 1,48 juta kiloliter. Rida mengaku bahwa angka tersebut masih kurang 2,22 juta kiloliter untuk mencapai target 4,60 juta kiloliter pada semester I 2017.

“Rendahnya target karena sebelumnya pencampuran BBN ke BBM sebanyak 20 persen mencakup BBM subsidi. Memang agak sedikit, tadinya ambisinya karena sukses kita ingin merambah non-PSO, ujungnya semua payung hukum harus diubah karena Perpres masih terbatas untuk PSO. Tapi berdasarkan kesepakatan bersama, kenyataannya ada delay,” cetusnya.

Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Riana

 

Sumber : Soal Geothermal, Dirjen EBTKE Yakin Capai Target

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments