Saturday, October 16, 2021
Home ENERGI UMUM Soal Kenaikan TDL, ESDM: Hanya untuk yang Mampu

Soal Kenaikan TDL, ESDM: Hanya untuk yang Mampu

Terkait dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik (TDL), membuat sebagian besar masyarakat yang merupakan pelanggan listrik tidak mampu, menyatakan komplainnya terhadap kebijakan ini.

Pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam hal ini Staf Khusus Menteri ESDM, Hadi M Djuraid, mengatakan bahwa kenaikan tarif listrik ini hanya berlaku bagi para pelanggan listrik yang mampu.

“Penyesuaian tarif listrik tahun 2017 hanya diberlakukan untuk pelanggan rumah tangga mampu berdaya 900 VA, dengan jumlah sekitar 19,0 juta rumah tangga. Dengan kata lain subsidi hanya diberikan kepada mereka yang berhak menerima,” ujar Hadi, Selasa (13/6).

Untuk pelanggan tidak mampu 450 VA dengan jumlah total 23,16 juta rumah tangga, Hadi menjelaskan tetap akan mendapat subsidi dan tarif listriknya tetap serta tidak ada penyesuaian tarif. Hal serupa juga berlaku untuk golongan rumah tangga tidak mampu berdaya 900 VA, dengan jumlah mencapai 4,1 juta rumah tangga.

“Jadi data dari TNP2K itu masih ada sekitar 27,26 juta pelanggan listrik rumah tangga kategori tidak mampu yang tarifnya tidak naik dan tetap disubsidi. Yaitu 4,1 juta pelanggan 900 VA dan 23,16 juta pelanggan 450 VA,” jelasnya.

Sebagai informasi, pencabutan subsidi listrik rumah tangga mampu pelanggan 900 VA telah dibahas dan mendapatkan persetujuan oleh Komisi VII DPR RI pada tanggal 22 September 2016, yang menyetujui dan memutuskan pencabutan subsidi listrik bagi rumah tangga mampu dengan daya 900 VA, berlaku mulai 1 Januari 2017 secara bertahap.

Dan sejak saat itulah, Hadi menerangkan bahwa sosialisasi telah dilakukan secara intensif melalui berbagai media dan penyuluhan langsung oleh Kementerian ESDM, TNP2K, serta PT PLN (Persero).

 

Sumber : Soal Kenaikan TDL, ESDM: Hanya untuk yang Mampu
Soal Kenaikan TDL, ESDM: Hanya untuk yang Mampu
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments