Saturday, October 16, 2021
Home Jitu News Soal Kesehatan Warga, Ini Konsep Anies Jika Terpilih Jadi Gubernur Jakarta

Soal Kesehatan Warga, Ini Konsep Anies Jika Terpilih Jadi Gubernur Jakarta

Salah satu tema yang menjadi materi adu gagasan dalam Debat Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Rabu (12/4/2017) adalah kesehatan masyarakat. Di tema ini, kedua pasangan calon memiliki strategi yang berbeda dalam menyelesaikan persoalan kesehatan masyarakat.

Calon Gubernur dari pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan, mengungkapkan dia dan pasangannya, Sandiaga Uno, memiliki keinginan adanya kesadaran warga Jakarta mengalami hidup sehat di Jakarta.

“Kita menginginkan setiap keluarga yang tinggal di Jakarta bersyukur bahwa tinggal di Jakarta membuat keluarga jadi sehat,” kata Anies membuka penjelasannya.

 

Menurut Anies, pola penyelesaian masalah kesehatan Jakarta harus dimulai dari kesadaran segenap pihak, baik pemerintah maupun masyarakat Jakarta, untuk menerapkan gaya hidup sehat.

“Dan itu artinya pemerintah dan seluruh masyarakat menyadari pentingnya gaya hidup sehat, mencegah dari berbagai macam penyakit, baru kemudian bicara pengobatan bila sakit,” papar Anies.

Fokus Anies-Sandi jika terpilih, kata dia, adalah pada kesehatan masyarakat sekaligus kesehatan lingkungan. Untuk itu, salah satu strategi mereka ialah perekrutan tenaga medis untuk ditugaskan untuk mengelilingi berbagai kampung di Jakarta demi mendeteksi potensi masalah kesehatan masyarakat Jakarta.

“Kita akan merekrut tenaga-tenaga medis, yang akan berkeliling di kampung-kampung memastikan bukan saja keluarga sehat lingkungannya juga sehat dan mendeteksi potensi-potenbsi masalah. Tidak boleh di Jakarta ada anak kelaparan,” ucap Anies.

Pemerintah sebagai penyelenggara, menurut Anis, perlu memastikan dukungan sumber daya dan personalia untuk menyelesaikan persoalan kesehatan masyarakat.

“Dari sisi penyelenggaraannya, pemerintah akan memastikan bahwa  ketika ada masalah, ada dukungan sumber daya personalia untuk menyelesaiknnya. Jadi mereka yang berkeliling, mereka yang memastikan, pulang tak kembali tanpa dukungan justru dibereskan,” jelas Anies.

Di akhir penjelasannya, Anies mengatakan, “Bila ini kita kerjakan, maka aspek pengobatan yang sering kemudian muncul menjadi problem karena kepadatan luar biasa justru bisa kita cegah sama-sama. Konsentrasinya pada memastikan warga sehat, lingkungan sehat, dan memiliki personalia yang hadir di tempat itu”

Debat kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur menuju Pilkada DKI Jakarta putaran kedua digelar di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (12/4/2017) malam. Tampil sebagai moderator debat, presenter senior Ira Koesno. Debat resmi yang diselenggarakan KPUD DKI Jakarta itu dihadiri oleh dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan- Sandiaga Uno.

@jitunews http://jitunews.com/read/56777/soal-kesehatan-warga-ini-konsep-anies-jika-terpilih-jadi-gubernur-jakarta#ixzz4e6KsWfD5

Most Popular

Recent Comments