Sunday, October 17, 2021
Home Nasional Soal Pengajuan PK Ahok, Pengamat: Diterima atau Tidak Itu Kewenangan Hakim

Soal Pengajuan PK Ahok, Pengamat: Diterima atau Tidak Itu Kewenangan Hakim

Terkait pengajuan Peninjauan Kembali (PK) yang dilakukan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Pakar Hukum Pidana, Abdul Fickar Hadjar, menilai tidak ada yang salah dengan pengajuan PK Ahok.

Menurutnya, permohonan PK atas kasus penodaan agama tersebut merupakan hak setiap narapidana dengan syarat putusan perkaranya sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah. “Ya, tidak ada masalah (Ahok ajukan PK),” kata Fickar saat dihubungi pada hari Senin (26/2).

Ada dua alasan yang menjadi dasar bagi Ahok untuk mengajukan PK. Selain adanya bukti baru atau novum yang diajukan, pemohon biasanya memiliki pendapat lain terhadap putusan hakim sebelumnya.

 

“Kedua, ada kesesatan dalam putusan pertama, ada kekeliruan,” ujar Fickar.

Untuk putusan hakim, bila ada kekhilafan atau kekeliruan maka bisa menjadi bukti baru atau novum.

Nah, alasan Ahok mengajukan PK atas dasar vonis Buni Yani, menurut Fickar, masih saling berkaitan. Tapi, ia mengingatkan bahwa Buni Yani juga masih mengajukan banding atas vonis hakim satu tahun enam bulan.

Maka, keberhasilan upaya Ahok melakukan PK ini bergantung pada putusan hakim. Kata dia, peluang diterima atau ditolaknya upaya PK Ahok oleh hakim sama.

“Tetapi apakah itu diterima atau tidak, tergantung kewenangan hakim. Apakah hakim bisa diyakinkan dengan yang dia ajukan,” kata Fickar yang juga Dosen Universitas Trisakti tersebut.

 

Sumber : Soal Pengajuan PK Ahok, Pengamat: Diterima atau Tidak Itu Kewenangan Hakim
Soal Pengajuan PK Ahok, Pengamat: Diterima atau Tidak Itu Kewenangan Hakim
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments