Saturday, July 31, 2021
Home Nasional Soal Pengangkatan Iriawan, Fahri: Jokowi Cari Lubang Masa Lalu untuk Dipakai

Soal Pengangkatan Iriawan, Fahri: Jokowi Cari Lubang Masa Lalu untuk Dipakai

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menanggapi pernyataan pihak Istana terkait pengangkatan Komjen Pol M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat.

Pihak Istana menyebut penunjukan perwira TNI-Polri sebagai penjabat gubernur pernah dilakukan di era pemerintahan sebelumnya. Menanggapi hal itu, Fahri menyebut pemerintahan Joko Widodo tidak mengoreksi kesalahan masa lalu tapi justru diteruskan demi kekuasaan.

“Jadi dasar dari pemerintahan @jokowi adalah bukan membangun kultur profesional dalam kelembagaan negara…tetapi mencari lubang di masa lalu untuk dipakai….jadi masa lalu bukan dikoreksi kalau salah tapi dipakai dan diteruskan demi kekuasaaan,” ujar Fahri seperti dikutip Jitunews dari akun Twitternya, pada hari Kamis (21/6).

Hal tersebut disampaikan Fahri dengan mengutip salah satu artikel yang memuat klarifikasi dari Mayjen TNI Setia Purwaka yang pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Jatim periode 2008-2009.

Setia menyanggah pernyataan pihak Istana, ia mengaku tidak lagi aktif fi TNI saat dirinya dilantik sebagai Pj Gubernur Jatim.

“Waktu itu saya sebagai Irjen Kemenkominfo setelah alih status dengan Keppres Nomor 34/K Tahun 2006, Tanggal 12 Mei 2006. Jadi saya diangkat sebagai Penjabat Gubernur Jatim sudah bukan TNI aktif, tetapi sudah alih status,” ujar Mayjen (Purn) Setia Purwaka melaluiWa keterangan tertulisnya, Rabu (20/6).

Kala itu, status Setia sudah beralih dari TNI menjadi sipil.

“Saya baru diangkat sebagai Penjabat Gubernur Jatim dengan Keppres Nomor 73/P Tahun 2008 Tanggal 15 Agustus 2008. Begitu pula dengan teman saya, Pak (Mayjen) Tanribali Lamo. Prosesnya juga sama dengan saya, beliau diangkat jadi Penjabat Gubernur sudah bukan sebagai TNI aktif, tapi sudah alih status,” lanjutnya.

Diketahui, keputusan Jokowi menunjuk Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar menuai kritik. Karena, Iriawan masih berstatus sebagai perwira aktif Polri.

Kritikan tersebut kemudian ditanggapi oleh Staf Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, yang menyebut kebijakan serupa pernah dilakukan di era SBY.

Salah satunya adalah penunjukan Mayjen TNI Setia Purwaka dan Mayjen TNI Tanribali Lamo sebagai penjabat gubernur.

 

Sumber : Soal Pengangkatan Iriawan, Fahri: Jokowi Cari Lubang Masa Lalu untuk Dipakai
Soal Pengangkatan Iriawan, Fahri: Jokowi Cari Lubang Masa Lalu untuk Dipakai
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments