Saturday, May 28, 2022
Home Nasional Soal Percepatan Infrastruktur, Pakar: Kuncinya Akuntabel

Soal Percepatan Infrastruktur, Pakar: Kuncinya Akuntabel

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (10/9) lalu, meresmikan Jalan Tol Jombang-Mojokerto seksi II dan seksi III. Peresmian ini dilakukan setelah seksi IV tol terhubung dengan ruas Ngawi-Kertosono.

Tol Jombang-Mojokerto ini menghubungkan bagian barat Kabupaten Jombang tepatnya Desa Bandarkedungmulyo dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto tepatnya Desa Penompo. Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa sebenarnya jalan tol ini sudah direncanakan sejak tahun 1996.

“Saya tadi waktu masuk ke sini dibisiki oleh Pak Bupati Mojokerto, Pak Mustafa. Mana tadi? Oh ya di sini. Beliau menyampaikan, Pak jalan ini itu harusnya selesai dulu-dulu. Karena harusnya sudah dimulai tahun 1996,” kata Jokowi di Gerbang Tol Jombang-Mojokerto, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (10/9) lalu.

 

Jokowi lalu menambahkan, hingga kini masih banyak yang bertanya tentang aktivitasnya yang selalu membangun infrastruktur. Ia kemudian memberikan penjelasan.

“Saya sampaikan bahwa kalau infrastruktur itu tidak dibangun secepat-cepatnya, seawal mungkin, semakin mundur, akan semakin mahal harganya. Baik biaya pembebasan lahan dan konstruksinya,” ucap Jokowi.

Menanggapi hal ini, pakar ekonomi dari Universitas Negeri Malang, Dr Imam Mukhlis, SE, M.Si, mengatakan, gencarnya pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur merupakan langkah yang tepat.

“Percepatan pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan guna mendorong kelancaran distribusi logistik dan hasil-hasil pembangunan ke rakyat. Visinya adalah efisiensi ekonomi dan mendorong daya saing ekonomi lokal regional serta nasional,” ujarnya.

Imam pun menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur membutuhkan dana yang besar sehingga perlu pengelolaan dana yang akuntabel.

“Kuncinya pengelolaan dana harus akuntabel. Perlu saya tegaskan bahwa pembangunan infrastruktur tidak bisa tidak harus dipercepat agar dapat meningkatkan stabilitas perekonomian secara makro,” tutup Imam yang juga merupakan Ekonom dari Litbang Yayasan Bung Karno (YBK) itu.

Sumber : Soal Percepatan Infrastruktur, Pakar: Kuncinya Akuntabel
Soal Percepatan Infrastruktur, Pakar: Kuncinya Akuntabel
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments