Friday, September 24, 2021
Home ENERGI UMUM Soal Perpanjangan Freeport, Luhut: Enggak Masalah

Soal Perpanjangan Freeport, Luhut: Enggak Masalah

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan berbicara soal perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia hingga 2041. Ia tak mempermasalahkan perpanjangan tersebut dengan syarat perusahaan tambang itu harus melakukan divestas sebesar 51 persen.

“Freeport itu memang mereka bersedia divestasi 51 persen, bersedia bangun smelter, dan mereka minta perpanjangan sampai 2041. Sebenarnya, itu nggak ada masalah,” ucapnya, Senin (14/8).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa hukum di Indonesia mengatur perpanjangan boleh dilakukan selama 20 tahun sekaligus. Namun, perpanjangan akan diberikan secara bertahap 10 tahun terlebih dahulu.

“Hanya hukum kita mengatakan itu 10 tahun dulu. Tapi saya kira kalau sudah 50 persen, saya kira bukan masalah itu sampai 2041,” jelasnya.

Terkait dengan valuasi saham yang didivestasi Freeport, ia menilai hal itu akan dihitung berdasarkan harga pasar tanpa perhitungan cadangan yang ada.

“Kami ‘kan tahu bagaimana cara hitungnya yang berlaku secara universal. Masa yang di bawah tanah kau hitung, belum ketahuan,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Soal Perpanjangan Freeport, Luhut: Enggak Masalah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments