Saturday, October 16, 2021
Home ENERGI UMUM Soal Subsidi Listrik, TNP2K Verifikasi 52 Ribu Aduan Warga

Soal Subsidi Listrik, TNP2K Verifikasi 52 Ribu Aduan Warga

Kepala Unit Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan TNP2K, Ruddy Gobel, mengatakan bahwa hingga tanggal 13 Juni 2017 ini sudah menerima 52.000 aduan warga tentang subsidi listrik bagi yang tidak mampu.

Proses pengaduan diperkirakan membutuhkan waktu sampai akhir tahun ini. Dan data yang digunakan saat ini adalah data termutakhir dan terpadu dari tahun 2015.

“Yang mengadu sampai tanggal 13 Juni ada 52.000, yang 25.000 sudah berhasil diverifikasi dan sudah dikembalikan haknya untuk menerima subsidi. Sisanya masih kita verifikasi lagi, prosesnya cepat, satu bulan selesai,” ujarnya saat ditemui di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Meski begitu, Ruddy mengaku akan mengecek lagi benar atau tidaknya golongan yang berhak mendapatkan subsidi tersebut.

“Kalau benar ya akan dikembalikan haknya,” tambahnya.

Ruddy menjelaskan bahwa data dari TNP2K menyebutkan, saat ini ada sekitar 4,1 juta warga dari total 23 juta pelanggan yang berhak menerima subsidi di 900 VA.

“Nah, sisa 18 juta yang dicabut subsidinya itu kalau ada yang merasa miskin bisa melaporkan ke sistem yang sudah kita sediakan,” jelasnya.

Dari program tersebut, nantinya akan menghasilkan penghematan sebesar 23 triliun yang akan digunakan untuk elektrifikasi bagi 2.500 desa yang belum dialiri listrik.

“23 triliun penghematan yang dilakukan pemerintah dalam program ini. Dana ini akan digunakan untuk elektrifikasi bagi 2.500 desa yang belum teraliri listrik,” pungkasnya.

 

Sumber : Soal Subsidi Listrik, TNP2K Verifikasi 52 Ribu Aduan Warga
Soal Subsidi Listrik, TNP2K Verifikasi 52 Ribu Aduan Warga
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments