Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional Soal Usulan Eks Napi Korupsi Dilarang Nyaleg, Begini Komentar OSO

Soal Usulan Eks Napi Korupsi Dilarang Nyaleg, Begini Komentar OSO

Wacana Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang akan melarang mantan narapidana kasus korupsi ikut pemilihan legislatif mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO).

Menurut Oesman, KPU cukup berpedoman pada Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dan tidak perlu diubah kembali.

“Kembalikan pada UU saja, kalau kita berdebat sekarang, tidak tepat perdebatan ini, karena KPU sudah terbentuk dan sosialisasi tentang pilkada dan pemilu sudah berjalan. Nggak perlu ada perubahan-perubahan lagi,” ujar Oesman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Senin (9/4).

Oesman melanjutkan, apabila wacana KPU itu ingin diberlakukan, maka harus menunggu perubahahan UU terlebih dahulu.

“Ikut aja UU dulu, kalau mau diubah nanti setelah ada perubahan UU. Perubahan KPU sendiri sudah mulai menggeser artinya tidak melarang caleg dari narapidana,” jelasnya.

Seperti diketahui, KPU RI akan mengatur larangan mengenai mantan narapidana kasus korupsi untuk ikut dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Komisioner KPU RI, Hasyim Asyar,i mengatakan, pelarangan itu akan dituangkan dalam PKPU tentang Pencalonan Pileg mendatang untuk kali pertama.

Menurut Hasyim, mantan narapidana kasus korupsi tidak layak menduduk jabatan publik. Alasannya, karena telah berkhianat terhadap jabatan sebelumnya.

 

Sumber : Soal Usulan Eks Napi Korupsi Dilarang Nyaleg, Begini Komentar OSO
Soal Usulan Eks Napi Korupsi Dilarang Nyaleg, Begini Komentar OSO
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments