Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Spesialis Kejahatan Ganjal ATM, Sukses Dibekuk Polisi

Spesialis Kejahatan Ganjal ATM, Sukses Dibekuk Polisi

Berkat informasi dari masyarakat, petugas mengungkap jaringan penjahat dengan modus pengganjal ATM. Dua tersangka ditangkap, salah satunya dilumpuhkan dengan timah panas area di betis kaki kiri karena melawan aparat saat ditangkap.

Tersangka ‘A’ (21), dan ‘IW’ (28), asal Blambangan Sumatera Selatan ini tidak berkutik usai anggota dipimpin Kanit Krimsus Polresta Depok AKP Firdaus membekuk mereka di tempat persembunyian di daerah Gunung Putri Bogor, Jawa Barat. Namun lantaran melawan penegak hukum, Indra terpaksa ditembak betis kanannya.

Wakapolresta Depok, AKBP Faisal Ramdani menuturkan penangkapan terhadap pelaku berdasarkan laporan Nina Siti Rumiyah (52), warga Taman Duta, Sukmajaya, bahwa Sabtu (15/7) sekitar pukul 06.00 di ATM BRI komplek Pelni Sukmajaya, telah terjadi kejahatan modus penganjalan kartu ATM.
Lanjut AKBP Faisal, kedua pelaku ini diketahui merupakan komplotan pengganjal kartu ATM yang telah beberapa kali melancarkan aksinya di area Depok dan Bogor.

“Total pelaku ada enam orang, yang baru ditangkap dua orang dan satu kita lumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan saat ditangkap. Kita masih mengejar keempat pelaku lain salah seorang di antaranya wanita yang diketahui sebagai kapten sekaligus yang membagi-bagikan hasil pencurian ke pelaku lainnya,” terang AKBP Faisal kepada wartawan, Jumat (28/7) sore.

Menurut AKBP Faisal, hasil kejahatan pelaku sebesar Rp120 juta. Uang yang diambil dengan cara mengelabuhi korban lalu berpura-pura menjadi penolong, kemudian disuruh menghubungi call center yang terdapat tempelan di mesin ATM-nya.

“Pelaku mempunyai masing-masing peran dalam setiap aksi kejahatan. Untuk kedua pelaku yang ditangkap berperan sebagai pengawas lalu mengelabuhi korban untuk menghubungi call center. Korban dipandu operator yang juga teman pelaku dimintakan pin ATM setelah itu uang dalam ATM BRI dikuras pelaku,” beber AKBP Faisal.

AKBP Faisal melanjutkan, cara pelaku untuk menganjal ATM di mesin ATM yaitu dengan menggunakan trik tusuk gigi.

“Target pelaku ATM Bank BRI, dan merupakan pemain Mesin ATM yang ada di SPBU,” sambung AKBP Faisal.

Barang bukti yang diamankan polisi untuk dijadikan alat kejahatan yakni lima motor, tiga kartu perdana, dua potongan gergaji, lima kartu ATM, dua botol lem korea, dua potongan botol aqua,dua doble tips, dua solasi bening, tiga lembar pakaian salah satunya jaket ojek online , uang tunai Rp. 833.000, dan tempelan stiker call center fiktif dengan nomor (021) 40000046 dan (021) 50150777.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 362 dan atau 363 KUHP Pasal 5 UU RU No. 8 Tahun 2010 tentang pemberantasan tindak pidana pencucian uang dengan ancaman di atas lima tahun.

 

 

Sumber : Spesialis Kejahatan Ganjal ATM, Sukses Dibekuk Polisi
Spesialis Kejahatan Ganjal ATM, Sukses Dibekuk Polisi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments