Subsidi BBM dan Listrik Terancam, Menkeu Akan Hitung Ulang

0
85

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, akan menghitung ulang subsidi listrik dan BBM yang diberikan Pemerintah.

“Kita akan menghitungnya bersama dengan Menteri ESDM dan Menteri BUMN. Dan saat ini kita sudah melakukan terus untuk mengidentifikasi berapa jumlah deviasi dari apa yang ada di UU APBN dengan apa yang terjadi,” tutur Sri usai membuka High Level Conference Annual Meetings 2018 dengan tema New Growth Models in a Changing Global Landscape dalam menyambut acara utama IMF di Hotel Fairmont Jakarta Selasa (27/2).

Lebih jauh, Sri mengatakan, jika memang diputuskan perlu ada perubahan mengenai asumsi tersebut, pemerintah akan membahasnya kembali dengan parlemen pada pertengahan tahun ini.

“Nanti untuk keputusan mengenai berapa jumlah mengenai perubahan ini nanti akan dibahas di dalam APBN laporan semester yang akan kita sampaikan kepada dewan pada pertengahan tahun,” ujarnya.

Namun, ia memastikan terjadinya perubahan alokasi subsidi BBM maupun listrik terlihat seusai hasil pantauan dipaparkan dalam laporan pelaksanaan APBN Semester I-2018.

“Di situ terlihat kemampuan APBN atau PLN dan Pertamina untuk menyerap perubahan itu,” tandas Sri.

Sebagai informasi, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya tak menaikkan tarif listrik hingga 2019. Kementerian ESDM sendiri telah menetapkan Harga Mineral Acuan (HMA) dan Harga Batu Bara Acuan (HBA) Bulan Februari 2018 untuk 20 jenis mineral logam yang dituangkan dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 407 K/32/MEM/2018.

 

 

Sumber : Subsidi BBM dan Listrik Terancam, Menkeu Akan Hitung Ulang
Subsidi BBM dan Listrik Terancam, Menkeu Akan Hitung Ulang
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here