Monday, October 18, 2021
Home Nasional Sudah Terima Kabar Ahok, Jokowi Minta Masyarakat Hormati Mekanisme Hukum

Sudah Terima Kabar Ahok, Jokowi Minta Masyarakat Hormati Mekanisme Hukum

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menerima kabar penetapan vonis dan penahanan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melalui Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Presiden mengimbau seluruh pihak agar bersedia menghormati mekanisme hukum di Indonesia. Presiden ingin masyarakat agar sama-sama menghormati putusan hakim dan langkah banding yang diambil Ahok.

“Termasuk kita juga harus menghormati langkah (banding) yang diambil oleh Pak Basuki,” kata Presiden Jokowi di sela kunjungannya di Papua, Selasa (9/5/2017).

Menurut Jokowi, hukum harus dipercaya sebagai salah satu sarana penyelesaian persoalan-persoalan. Ia juga mengungkapkan pemerintah tidak dapat ikut campur jika sebuah hukum telah ‘berbicara’.

“Begitulah negara demokratis menyelesaikan perbedaan yang ada, dan pemerintah tidak dapat melakukan intervensi terhadap hukum,” katanya lagi.

Presiden berencana meninjau lebih dalam laporan Mendagri sekembalinya ke Jakarta.

Untuk diketahui, majelis hakim yang diketuai Dwiarso Budi Santiarto telah memberikan vonis dua tahun penjara kepada Ahok melalui sidang yang berlangsung di Auditorium Kementan pada hari ini, Selasa, tanggal 9 Mei 2017. Selain itu, hakim juga membebankan Ahok biaya perkara sebesar Rp 5.000,00 serta memberikan perintah penahanan terhadap suami Veronica Tan tersebut.

 

Sumber : Sudah Terima Kabar Ahok, Jokowi Minta Masyarakat Hormati Mekanisme Hukum
Sudah Terima Kabar Ahok, Jokowi Minta Masyarakat Hormati Mekanisme Hukum
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments