Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional Surga Dunia di Raja Ampat Terancam Rusak

Surga Dunia di Raja Ampat Terancam Rusak

Raja Ampat merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik untuk para traveller Nusantara maupun Mancanegara. Namun, akibat dari ulah kapal MV Celedonia Sky yang menghantam karang (9/3), keindahan Raja Ampat sedikit tercoreng.

Abdul Faris Umlati, Bupati Raja Ampat mengungkapkan bahwa akibat kasus itu, ekosistem yang ada diperairan tersebut terganggu, terutama bagi para penduduk sekitar yang bergantung pada perairan Raja Ampat.

Diketahui bahwa wilayah yang dilalui oleh Kapal Pesiar itu merupakan wilayah konservasi karang. Faris, lebih lanjut mengatakan bahwa seharusnya kapal dengan bobot 4.200 GT itu tidak bisa masuk ke wilayah konservasi itu.

 

“Kalau areanya, semua ini area konservasi. Tidak boleh dilalui kapal besar yang 4.000 GT seperti itu. Karena ini daerah terumbu karang dan spot-spot dive. Dan ini daerah pariwisata,”ujarnya.

Surga Dunia Raja Ampat terganggu akibat persoalan tersebut. Sebanyak 1600 meter persegi karang hancur, padahal untuk merawat terumbu karang itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kejadian tersebut berdampak langsung bagi nelayan yang ada di Raja Ampat. Kerusakanya akan merugikan duni pariwisata yang ada di sana. Hal tersebut sangat disayangkan oleh Faris Umlati.

“Kami tahu bahwa terumbu karang ini ratusan tahun, dan ekosistem pasti sudah lari ke sana ke mari,” tambahnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55058/surga-dunia-di-raja-ampat-terancam-rusak#ixzz4bYJVDaVI

Most Popular

Recent Comments