Sunday, November 28, 2021
Home Dunia Suriah: Arab Saudi politisasi ibadah haji

Suriah: Arab Saudi politisasi ibadah haji

Kementerian Agama Suriah dalam pernyataan dua hari lalu mengatakan Arab Saudi telah mempolitisasi pelaksanaan ibadah haji karena melarang jemaah asal Suriah menunaikan rukun Islam kelima itu.

Pihak kementerian juga menyatakan politisasi ibadah haji ini tetap dilakukan oleh otoritas Saudi Wahabi meski mereka sudah menghubungi Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Kementerian Haji Saudi, seperti dilansir laman stasiun televisi Press TV, Selasa (1/8).

Hubungan Riyadh dan Damaskus terus memburuk sejak konflik di Suriah lantaran Saudi mendukung dan mendanai kelompok pemberontak yang ingin menggulingkan rezim Basyar al-Assad. Pada Februari 2012 Riyadh akhirnya memutus hubungan diplomatik dengan Suriah dan mengusir duta besar Suriah dari Kerajaan Saudi.

Sejak saat itu warga Suriah yang ingin melaksanakan ibadah haji harus mengajukan visa melalui negara ketiga lewat Komite Haji Agung Suriah yang dikelola oleh Koalisi Nasional Suriah (SNC) yang didukung Saudi. Pemerintah Suriah menyebut lembaga itu sebagai ‘musuh negara’.

“Kantor-kantor wisata di Libanon tidak melayani warga Suriah yang ingin melaksanakan haji. Tindakan ini merupakan bentuk eksploitasi finansial dan politik dari otoritas Saudi melalui lembaga yang disebut Komite Haji Agung Suriah,” kata pernyataan pihak kementerian.

Senada dengan Suriah, lembaga hak asasi Qatar menuding Riyadh bermain politik dalam pelaksanaan haji.

Komite Hak Asasi Nasional (NHRC) dalam pernyataannya Sabtu kemarin mengatakan, aturan Saudi mengharuskan warga Qatar berangkat haji hanya melalui dua bandara dan dari Ibu Kota Doha saja.

Arab Saudi belakangan dikritik dalam pelaksanaan ibadah haji menyusul dua insiden mematikan pada September 2015. Lebih dari seratus jemaah haji tewas tertimpa alat berat derek (crane) jatuh di Masjidil Haram. Setelah itu sedikitnya 4.700 orang tewas terinjak-injak (menurut versi Iran) dalam insiden di Mina. [pan]

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/suriah-arab-saudi-politisasi-ibadah-haji.html

Most Popular

Recent Comments