Survei Indo Barometer: Jokowi Urutan Pertama, Disusul Prabowo, Anies Baswedan, dan Ahok

0
265

Lembaga Survei Indo Barometer merilis survei elektabilitas calon presiden dalam Pemilu 2019. Joko Widodo ada di urutan pertama dan Prabowo Subianto tetap menjadi saingan terdekatnya.

Jokowi memperoleh 34,9 persen, di urutan kedua Prabowo dengan 12,1 persen. Di urutan ketiga ada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan 3,6 persen. Peringkat keempat ada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan 3,3 persen. Di urutan kelima ada Panglima TNI Jenderal gatot Nurmantyo dengan 3,2 persen.

“Dari pertanyaan terbuka calon presiden, awareness pemilih yang tinggi terhadap Joko Widodo dengan dukungan 34,9 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari di Hotel Alet Century Park, Jakarta Selatan, Minggu (3/12).

 

Dari hasil survei Indo Barometer, nama Jokowi meningkat sejak 2015 hingga 2017. Berbeda dengan Prabowo Subianto yang selalu mengalami fluktuasi dalam rentan waktu yang sama.

“Berdasarkan simulasi dua nama, tren elektabilitas Joko widodo sejak 2015-2017 perlahan semakin meningkat meski sempat melemah pada September 2015. Sementara elektabilitas Prabowow Subianto sejak 2015-2017 mengalami fluktuasi. Sempat naik di September 2015 dan melemah pada Oktober 2016,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Qodari menilai masyarakat masih menginginkan Jokowi menjadi presiden.

“Pertama, tingkat pengenalan dan kesukaan, kedua, paling sesuai dengan selera pemilih, misalnya tegas, merakyat, kerja nyata, orangnya baik, ramah dan bijak. Ada juga faktor tingkat kepuasan publik. Kalau dari hasil survei ini, mayoritas menginginkan Jokowi jadi Presiden selanjutnya,” jelas Qodari.

 

 

 

 

Sumber : Survei Indo Barometer: Jokowi Urutan Pertama, Disusul Prabowo, Anies Baswedan, dan Ahok
Survei Indo Barometer: Jokowi Urutan Pertama, Disusul Prabowo, Anies Baswedan, dan Ahok
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here