Saturday, July 31, 2021
Home Nasional Survei Menunjukkan Rakyat Kecewa dengan Pemerintahan Jokowi-JK

Survei Menunjukkan Rakyat Kecewa dengan Pemerintahan Jokowi-JK

Lembaga Survei Indonesia Development Monitoring (IDM) menyatakan kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam biang ekonomi dianggap gagal oleh masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada satupun janji kampanye Jokowi-JK yang direalisasikan. Seperti janji menolak utang dari luar negeri, hingga swasembada pangan.

Yang terjadi malah sebaliknya, utang luar negeri terus bertambah dan Indonesia mengimpor pangan.

Selain itu, lapangan kerja juga dirasakan sulit untuk didapati dan ditambah adanya isu tenaga kerja asing.

Direktur Eksekutif IDM, Ben Firman Tresnadi mengatakan, berdasarkan survei sebanyak 43,9 persen responden menyatakan menurun keadaan ekonominya.

“Sehingga banyak hal yang harus dikurangi, terutama kebutuhan sehari-hari,” kata Firman saat memaparkan hasil survei IDM di Ballroom Ibis Budget, Menteng Jakarta, Kamis (24/5).

Ada 34,8 persen yang menyatakan kondisinya sama saja tidak ada sisa untuk ditabung, sisanya sebanyak 21,3 persen menyatakan ada peningkatan karena ada tambahan penghasilan.

“Kemudian sebanyak 69,7 persen responden menyatakan selama 3,5 tahun terakhir sangat sulit mencari pekerjaan,” kata Firman.

Ada 26,7 persen yang mengatakan ada lapangan kerja namun tidak sesuai dengan tingkat pendidikan atau keahlian yang dimiliki.

“Dan sisanya sebanyak 3,6 persen menyatakan tersedia lapangan kerja,” katanya.

Survei IDM digelaar sejak 28 April 2018 hingga 18 Mei 2018. Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia, dengan jumlah responden 2.450.

Sumber : Survei Menunjukkan Rakyat Kecewa dengan Pemerintahan Jokowi-JK
Survei Menunjukkan Rakyat Kecewa dengan Pemerintahan Jokowi-JK
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments