Friday, September 24, 2021
Home Nasional Susi Pudjiastuti Ungkap Modus Pencurian Ikan di Bitung

Susi Pudjiastuti Ungkap Modus Pencurian Ikan di Bitung

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengatakan jika Indonesia ingin laut menjadi masa depan bangsa, maka masyarakat harus menjaganya dengan baik. Masyarakat kita tidak boleh melakukan eksplotasi laut secara terus-terusan.

“Kita lihat tetangga kita seperti China dan Vietnam sudah melakukan memoratorium proteksi lautnya,” ujar Susi dalam diskusi publik ‘Merawat Surga Perikanan Bitung’ di Ballroom A, Ayana Mid Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (09/05/2017) pagi.

Penjualan ikan di Tanah Air khususnya dari Pulau Bitung, lanjut Susi, jumlahnya begitu besar dibandingkan kota atau pulau lain di Indonesia, yakni berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu ton setiap tahunnya.

Meskipun nilai nelayan di Bitung lebih tinggi dibandingkan tempat perikanan lain, Susi menyebut nilai izin ekspor ke luar yang dipakai justru masih kecil.

“Saya juga melihat izin ekspor yang dipakai hanya 20 persen,” tambahnya.

Wanita kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 ini mengungkapkan kesedihannya karena ikan di laut sekitar pulau Bitung banyak dicuri oleh negara tetangga seperti Filipina.

“Modusnya kapal asing itu pakai bendera Indonesia. Yang terbaru kapalnya Indonesia, ABK nya Filipina,” keluh Susi yang langsung bertolak pada Selasa malam ini ke Amerika Serikat untuk mendapatkan penghargaan.

Masih di kesempatan dan tempat yang sama, wartawan jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi (Jaring), M Kholikul Amin, mengungkapkan bahwa Bitung menjadi pulau yang menarik dalam pencurian ikan karena berada di perbatasan Indonesia dengan Filipina.

Bahkan, ungkap M Kholikul, beberapa modus pencurian yang dilakukan kapal asing juga beraneka ragam. “Ditemukan KTP palsu yang dimiliki ABK dan pemilik kapal asal Filipina. Modus KTP ini kerja sama dengan orang Indonesia (WNI), hingga sekarang belum ditelusuri lebih lanjut padahal nama-namanya sudah disebut,” bebernya.

Selain itu, lanjut M Kholikul, kapal pencuri ikan yang beredar di Bitung jumlahnya juga sangat banyak. “Kapal boat ini jumlahnya ratusan hingga ribuan. Satu kapal saja bisa memuat 3-5 ton. Jadi kita bisa kehilangan ribuan ton,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Susi Pudjiastuti Ungkap Modus Pencurian Ikan di Bitung
Susi Pudjiastuti Ungkap Modus Pencurian Ikan di Bitung
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments