Suu Kyi Malah Bingung Mengapa Banyak Pengungsi yang Eksodus ke Bangladesh

0
632

Setelah mendapat sejumlah tekanan, Aung San Suu Kyi mengatakan bahwa negaranya tidak takut dengan pengawasan dunia internasional terkait konflik di Rakhine yang memang saat ini sedang menjadi sorotan banyak pihak. Menurutnya, Pemerintah Myamar tidak pernah berniat lari dari tanggung jawab. Hal tersebut disampaikan Suu Kyi dalam pidato kenegaraannya, Selasa (19/9).

“Tidak ada niat dari pemerintah Myanmar untuk lari dari tanggung jawab dan terus disalahkan. Kami berkomitmen untuk mengembalikan perdamaian dan juga stabilitas seperti semula,” kata Suu Kyi.

Ia pun mengungkapkan penyesalan terkait banyaknya pengungsi yang berasal dari Rakhine melarikan diri ke Bangladesh. Untuk itu, ia mengatakan pemerintah Myanmar siap melakukan verifikasi terhadap pengungsi yang ingin kembali ke Myanmar.

“Kami siap dengan proses repatriasi pengungsi secepatnya, kapan pun. Siapa pun yang diverifikasi sebagai pengungsi dari negeri ini akan diterima kembali tanpa masalah dan akan mendapat keamanan penuh dan akses terhadap bantuan kemanusiaan,” katanya.

Meskipun kebakaran terus terjadi dalam beberapa hari terakhir di negara bagian Rakhine utara yang merupakan rumah kebanyakan etnis Rohingya, Suu Kyi mengatakan bahwa tidak ada bentrokan bersenjata dan tidak ada operasi pembersihan oleh militer sejak tanggal 5 September.

Menurut Suu Kyi, meski sekitar 412.000 Rohingya melarikan diri ke Bangladesh dalam waktu kurang dari sebulan karena desa mereka terbakar dan ratusan orang terbunuh, mayoritas umat Islam di dalam zona konflik di Rakhine memilih tinggal dan bahwa lebih dari 50 persen desa mereka masih utuh.

Ia kemudian mengatakan ingin mencari tahu mengapa para pengungsi tersebut melarikan diri padahal menurut klaimnya, sebagian besar umat Muslim di Rakhine lebih memilih tinggal.

“Namun, kami khawatir mendengar jumlah Muslim yang melarikan diri melintasi perbatasan ke Bangladesh,” katanya. “Kami ingin mengerti mengapa eksodus ini terjadi, kami ingin berbicara dengan mereka yang telah melarikan diri dan juga mereka yang tinggal,” katanya.

 

 

Sumber : Suu Kyi Malah Bingung Mengapa Banyak Pengungsi yang Eksodus ke Bangladesh
Suu Kyi Malah Bingung Mengapa Banyak Pengungsi yang Eksodus ke Bangladesh
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here