Friday, January 28, 2022
Home KESEHATAN Tak Hanya Enak, Rebung Punya Segudang Manfaat Loh

Tak Hanya Enak, Rebung Punya Segudang Manfaat Loh

Rebung merupakan tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Masyarakat biasanya menggunakannya sebagai bahan makanan, seperti bahan sayur dan juga isian lumpia.

Tidak hanya enak, ternyata rebung juga memiliki banyak manfaat. Dilansir dari laman klikdokter.com, berikut manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi rebung:

Mengurangi kolesterol

Rebung mengandung serat tinggi yang berperan penting dalam mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan teratur dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Mencegah penyakit jantung

Rebung memiliki kandungan fitosterol dan fitonutrien, dimana kedua zat tersebut dapat menjaga fungsi jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan berat badan

Rebung mengandung serat tinggi, tetapi rendah lemak dan kalori. Hal ini membuat rebung menjadi makanan yang sempurna untuk orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Melawan kanker

Fitonutrien pada rebung bisa menjadi antioksidan kuat, sehingga mampu mencegah dampak buruk radikal bebas pada tubuh. Hal ini dapat menurunkan risiko stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan kanker. Rebung bambu juga mengandung sejumlah klorofil yang dituding dapat mencegah mutasi sel.

Memperlancar buang air besar

Serat dalam rebung berfungsi untuk menambah berat tinja dan melembutkannya. Ini membantu tinja melewati usus besar lebih mudah, sehingga proses buang air besar menjadi lebih lancar.

Menjaga kesehatan kulit

Rebung bambu mengandung vitamin E. Vitamin ini adalah antioksidan yang bisa mencegah kerusakan pada tubuh terutama kulit akibat paparan radikal bebas.

Menurunkan risiko stroke

Senyawa kalium pada rebung dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah, yang pada akhirnya turut menurunkan risiko stroke.

 

Sumber : Tak Hanya Enak, Rebung Punya Segudang Manfaat Loh
Tak Hanya Enak, Rebung Punya Segudang Manfaat Loh
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments