Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Takbir Keliling Itu Syiar, Muhammadiyah: Lakukan Sesuai Aturan

Takbir Keliling Itu Syiar, Muhammadiyah: Lakukan Sesuai Aturan

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah mengimbau masyarakat yang akan mengadakan takbir keliling untuk tidak sampai melanggar peraturan yang ada. Menurutnya, takbir merupakan bentuk syiar.

“Takbir keliling itu tradisi umat Islam yang merayakan hari raya dengan sukacita. Jadi itu bagian dari syiar. Maka yang perlu diatur sekarang ini adalah bagaimana syiar agama itu. Pertama, tetap sesuai dengan tuntutan agama. Kedua, tidak mengganggu ketertiban umum. Kalau dua hal itu dipenuhi, menurut saya tidak ada alasan menyoal takbir keliling,” ujar Abdul Mu’ti di kediaman Mendikbud Muhadjir Effendy, Selasa (20/6).

Warga yang akan melakukan takbir keliling harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Kepolisian. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu masyarakat.

“Koordinasi dengan aparat keamanan, khususnya Kepolisian. Misalnya menjelaskan mengenai rute mana yang boleh dilalui. Jam berapa takbiran diselenggarakan. Kalau bisa juga berapa jumlah orang yang mengikuti takbir keliling. Itu menjadi penting supaya tidak menimbulkan gangguan bagi masyarakat yang juga punya agenda-agenda selain takbir keliling itu,” jelasnya.

Abdul tetap mengimbau agar tetap mematuhi aturan yang berlaku, agar tidak terjadi permasalahan di masyarakat.

“Walaupun atas nama syiar agama, jangan sampai menabrak aturan-aturan yang berlaku,” ucap Abdul.

 

Sumber : Takbir Keliling Itu Syiar, Muhammadiyah: Lakukan Sesuai Aturan
Takbir Keliling Itu Syiar, Muhammadiyah: Lakukan Sesuai Aturan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments