Saturday, May 28, 2022
Home Nasional Tanamkan Pancasila di Kegiatan Kampus Guna Lawan Radikalisme

Tanamkan Pancasila di Kegiatan Kampus Guna Lawan Radikalisme

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir mengingatkan kepada perguruan tinggi untuk ikut melawan paham-paham radikalisme dengan cara mengaktifkan kegiatan kampus berbasis pendidikan Pancasila.

“Didalam menangkap radikalisme di kampus, kami mengaktifkan semua kegiatan kampus yang berbasis Pancasila. Bagaimana kita dalam kegiatan ini bisa memiliki rasa sebagai warga negara dan meningkatkan (pemahaman) kepada mahasiswa berbasis Pancasila dan kebangsaan,” kata Nasir di kampus UKI, Selasa (19/9).

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan seluruh rektor perguruan tinggi untuk memastikan program tangkal radikalisme. Nasir berharap seluruh perguruan tinggi bisa menerapkan pendidikan Pancasila di kegiatan kampus.

“Bisa menerapkan pendidikan Pancasila yang diimplementasikan kepada kehidupan sehari-hari dan organisasi mahasiswa harus berbasis kepada Pancasila sikap dan perilaku harus juga dijaga. Ngomongnya Pancasila tapi perilaku nggak Pancasila ini nggak boleh,” katanya.

Nasir menekankan kepada seluruh perguruan tinggi untuk tetap berpatokan pada 4 pilar kebangsaan, agar tidak ada lagi saling hujat-menghujat antara warga negara.

“Itu hal yang harus dilakukan seluruh warga Indonesia khususnya perguruan tinggi, dengan itu tidak ada yang menghujat sesama bangsa. Tidak menghujat antar pemeluk agama dan tidak ada lagi menghujat satu dengan yang lain,” kata Nasir.

Setelah ini, akan ada acara ‘Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme’. Kegiatan tersebut adalah bentuk nyata pemimpin perguruan tinggi untuk ikut bertanggung jawab mengambil sikap guna melawan gerakan radikalisme. Rencananya, kegiatan tersebut akan diikuti oleh 4.000 pemimpin perguruan tinggi di Indonesia. Acara kebangsaan akan berlangsung di Nusa Dua bali pada 25-26 September 2017.

Sumber : Tanamkan Pancasila di Kegiatan Kampus Guna Lawan Radikalisme
Tanamkan Pancasila di Kegiatan Kampus Guna Lawan Radikalisme
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments