Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Tas Terlihat Berat, Penumpang Iseng Sebut Isinya Bom

Tas Terlihat Berat, Penumpang Iseng Sebut Isinya Bom

Sudah terjadi berulang kali, kini masih saja ada penumpang yang nekat bercanda dengan mengatakan bahwa dia membawa bom di dalam tasnya ketika sedang boarding di pesawat udara.

Seorang penumpang Garuda dengan nomor penerbangan GA 653 tujuan Timika-Denpasar bernama Wellem Howay diamankan pihak berwajib lantaran menyebut ada bom di dalam tas yang dibawanya ke dalam kabin.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad M. Kamal, mengatakan ada penumpang menanyakan isi tas Wellem yang terlihat berat. Tanpa diduga, jawaban Wellem tersebut membuat dirinya terseret masalah.

“Diamankan Polsek Bandara Mozes Kilangin, Timika, karena menyebut membawa bom dalam tasnya,” kata Ahmad, Senin (10/7).

Awak kabin yang mengetahui kejadian tersebut langsung melapor ke petugas keamanan setempat. Meski telah meminta maaf, Wellem tetap harus menjalani prosedur yang berlaku.

“Awak kabin kemudian melapor ke petugas lapangan. Sudah minta maaf, tapi petugas tetap menurunkan dan membawa (yang bersangkutan) ke Mapolsek Kawasan Bandara Mozes Kilangin untuk diperiksa,” ujar Ahmad lagi.

Penumpang lain yang merupakan saksi kejadian tersebut juga turut dibawa untuk dimintai keterangan.

Setelah diperiksa, tas bawaan Wellem tersebut tidak berisi benda-benda berbahaya. Ahmad pun mengingatkan penumpang untuk tidak sembarangan bercanda membawa bom dalam tas. Selain mengganggu persiapan penerbangan, penumpang juga dapat dikenai sanksi pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

 

Sumber : Tas Terlihat Berat, Penumpang Iseng Sebut Isinya Bom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments