Thursday, September 16, 2021
Home Jitu News Temui Dubes Filipina, Mentan: Kita Akan Perluas Langkah Impor Jagung ke Filipina

Temui Dubes Filipina, Mentan: Kita Akan Perluas Langkah Impor Jagung ke Filipina

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya akan terus memperlebar potensi kerjasama impor jagung asal Indonesia ke Filipina.

“Tadi kita melakukan diskusi dengan Duta Besar Filipina, intinya kita ingin mengeratkan kerjasama ke dua negara, dan memperlebar langkah ekspor jagung ke Filipina,” kata Mentan, Amran Sulaiman di Kantor Kementan, seusai menerima kedatangan duta besar Filipina untuk Indonesia Maria Lumen B Isleta, Rabu (14/6).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa pada tahun yang lalu indonesia sudah mulai melakukan ekspor jagung senilai 250.000 ton. “Dan tahun ini akan kita tingkatkan volume impornya,” lanjutnya.

Untuk memperlancar proses kerjasama tersebut, pihak pemerintah sudah menyiapkan kapal roro yang berkapasitas besar. Menurut Mentan dengan adanya kapal roro tersebut memberi keuntungan bagi Indonesia untuk meningkatkan langkah eksport pangan.

Lebih lanjut, Mentan mengatakan bahwa potensi ekspor jagung asal Indonesia ke Filipina cukup tinggi, mencapai 1 juta ton, sementara untuk Malaysia mencapai 3 juta ton.

“Jadi dari target 4 juta ton langkah eksport, potensi bisa mencapai Rp12 triliun dan potensi ini yang akan terus kita kejar,” katanya.

Selain komoditas jagung, potensi impor pangan lain yang juga diminati oleh filipina adalah kakao asal Sulawesi Selatan.

Sementara itu, dalam kerjasama tersebut pihak Filipina meminta Indonesia untuk menerima nanas asal filipina.

“Tadi saya sudah katakan ke mereka bahwa untuk saat ini, pineapple (nanas) asal indonesia juga sudah masuk ke ranah ekspor, tetapi usulan dan permintaannya masih akan tetap kita kaji kembali,”katanya.

Terkait dengan langkah operasional kapal roro, yang menjadi kapal pengangkut bahan pangan asal,Indonesia ke negara-negara tetangga, mentan menilai bahwa langkah tersebut sangat ekonomis.

“Kita tidak akan membiarkan kapal ini kosong. Nanti dari Indonesia kita isi dengan jagung dan dari Filipina kita isi dengan buah, utamanya Durian,” tukasnya.

 

 

Sumber : Temui Dubes Filipina, Mentan: Kita Akan Perluas Langkah Impor Jagung ke Filipina
Temui Dubes Filipina, Mentan: Kita Akan Perluas Langkah Impor Jagung ke Filipina
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments