Terbukti Lakukan Pemalsuan Hasim Sukamto Dituntut 2 Tahun Penjara

0
68

Harmoni Media – Sidang Perkara tindak pidana pemalsuan yang dilakukan terdakwa Hasim Sukamto, Direktur Utama PT Hasdi Mustika Utama, dituntut 2 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Iqram dihadapan majelis hakim pimpinan Djuyamto.SH.MH, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Rabu malam (12/08).

Dalam tuntutan jaksa Iqram, menyatakan terdakwa Hasim Sukamto, Direktur Utama (Dirut) PT. Hasdi Mustika Utama (HMU), telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 266 ayat (1) Ke-1 KUHP dakwaan primer.

” Selain itu, dari fakta persidangan terdakwa Hasim Sukamto tidak ada permintaan maaf maka terdakwa dianggap mampu mempertanggung jawabkan perbuatanya,” tutur Jaksa.

Pertimbangan lainnya yang memberatkan terdakwa menimbulkan kerugian bagi pihak lain, oleh karena kesalahanya tersebut JPU Iqram menuntut terdakwa dengan pidana selama dua tahun penjara. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum

Sebelumnya dalam dakwaan jaksa, Terdakwa dijerat dengan Pasal 266 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP dengan cara mengagunkan harta bersama berupa Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) Nomor: 7317 Sunter Agung dan SHGB Nomor: 883 Sungai Bambu sebagai jaminan di Bank CIMB Niaga Niaga Cabang Mangga Dua Square, Jakarta Utara, untuk mendapatkan kucuran kredit senilai Rp23 miliar atas nama PT Hasdi Mustika Utama (HMU) yang bergerak di bisnis playwood.

Setelah ditindaklanjuti, atas permohonan terdakwa, pihak Bank CIMB Niaga Niaga lalu menunjuk kantor Notaris Ahmad Bajuni, SH untuk melakukan proses pemeriksaan dan keabsahan dokumen pendukung lainnya berupa surat kuasa membebankan hak tanggungan akta jaminan fiducial dan akta kuasa membebankan hak tanggungan yang seolah-olah telah mendapat persetujuan dari saksi Melliana Susilo selaku istri terdakwa

Usai Jaksa membaca tuntutan, Hakim ketua Djuyamto, SH memberikan waktu 1 Minggu kepada terdakwa untuk mengajukan pembelaannya. (Butet)