Monday, August 2, 2021
Home Nasional Ternyata ini Alasan Jaksa Agung Pantas Dicopot!

Ternyata ini Alasan Jaksa Agung Pantas Dicopot!

Sepak terjang HM Presetyo sebagai Jaksa Agung selama kurang lebih 4 tahun terakhir mengundang kekecewaan sejumlah pihak.

Bahkan kemarin (3/6), Koalisi Masyarakat Sipil, gabungan kelompok aktivis hak asasi manusia, mendesak Presiden Joko Widodo segera mencopot Jaksa Agung HM Prasetyo.

Alasan pertama adalah ketidakmampuan mantan politisi Partai Nasdem tersebut menyelesaikan kasus pelanggaran HAM masa lalu.

“Satu dari dua alasan di atas cukup untuk membuat siapapun orangnya dicopot, diganti dengan yang lebih memiliki kapasitas atau tanggung jawab,” tegas Ketua YLBHI, Asfinawati melalui keterangan resmi pada Minggu (3/6).

Selain itu, HM Prasetyo harus segera diganti karena tidak sejalan dengan semangat Nawacita yang memprioritaskan penuntasan kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu.

Hal itu diperparah dengan pernyataan Jaksa Agung yang menganggap usaha membawa perkara pelanggaran HAM ke peradilan merupakan sesuatu yang sulit.

“Pernyataan Jaksa Agung menunjukkan dua kemungkinan, yaitu Jaksa Agung tidak mengerti hukum yang berlaku atau Jaksa Agung paham hukum tetapi sengaja mencari-cari alasan agar tidak menjalankan kewajiban hukumnya,” ujar Asfinawati.

Seperti diketahui sebelumnya, peserta aksi Kamisan dan keluarga korban pelanggaran HAM sempat bertemu dengan Jokowi dan menagih janji sang presiden menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia.

Sumber : Ternyata ini Alasan Jaksa Agung Pantas Dicopot!
Ternyata ini Alasan Jaksa Agung Pantas Dicopot!
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments