Ternyata, Ini Penyebab Pesawat F-16 Tergelincir di Pekanbaru

0
575

Sebuah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dengan nomor TS-1603 mengalami insiden tergelincir di ujung runway 18 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (14/3), sekira pukul 17.25 WIB.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Jemy Tri Sonjaya, mengatakan, pesawat dengan nomor registrasi TS-1603 itu tergelincir lantaran mengalami brake malfunction atau kegagalan fungsi sistem pengereman saat mendarat.

“Tergelincirnya pesawat F-16 tersebut disebabkan karena brake malfunction setelah pesawat landing dari runway 36,” ungkap Marsma Jemy kepada awak media, Selasa (14/3).

 

Menurut Jemi, akibat tergelincir, pesawat pun mengalami kerusakan dan telah dievakuasi untuk ditarik ke hanggar Skadron Udara 16. Sementara, dua awak pesawat tempur ini selamat dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Lanud Roesmin Nurjadin untuk pemeriksaan.

“Kedua penerbang selamat masing-masing atas nama Mayor Pnb Andry yang sehari-hari sebagai Kasiops Skadron Udara 16 dan Lettu Pnb Marco sebagai siswa konversi,” tuturnya.

Diketahui, akibat insiden tersebut, dua penerbangan komersil pun sempat mengalami pengalihan ke Bandara lain.

“Maskapai garuda dengan nomor GA 178 dari Jakarta divert (dialihkan) ke Bandara Internasional Minang Kabau, dan Lion Air nomor JT 295 RTB return to Base (kembali asal Bandara Kuala Namu Medan),” beber Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bambang Setiawan.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54911/ternyata-ini-penyebab-pesawat-f-16-tergelincir-di-pekanbaru#ixzz4bMUxji8y