Wednesday, October 27, 2021
Home Nasional Terpilih Jadi Kepala UKP Pancasila, Ini Rencana Yudi Latief

Terpilih Jadi Kepala UKP Pancasila, Ini Rencana Yudi Latief

Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Kepala dan sembilan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6).

Terpilih sebagai Kepala UKP-PIP adalah aktivis sekaligus cendekiawan muda, Yudi Latief. Usai pelantikan, Yudi kemudian memberikan keterangannya kepada wartawan. Ia berharap dengan adanya UKP-PIP, sudah saatnya seluruh warga Indonesia merajut kembali perpecahan yang terjadi melalui Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa.

Yudi juga memaparkan bagaimana peringatan lahirnya Pancasila bisa diabadikan dalam bentuk Bulan Pancasila. Menurutnya, hal tersebut dapat dijadikan solusi bagi masyarakat yang mungkin belum memahami secara betul sejarah rumusan Pancasila yang tidak sekali jadi tersebut. Ia juga menggarisbawahi bahwa satu pekan saja tidak cukup untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Di masa depan peringatannya itu bukan hanya pekan tapi akan bulan, menarik dari 1 Juni, disempurnakan di 2 Juni, dan berakhir absah ketika konstitusi dirumuskan pada tanggal 18 Agustus. Supaya saya kira pro kontra soal ini kita selesaikan dengan cara semua orang mengerti, bahwa Pancasila itu tidak sekali jadi tapi kontinyu mulai 1 Juni sampai 18 Agustus,” kata Yudi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6).

Terkait program kerja UKP-PIP, Yudi mengatakan pihaknya akan berperan sebagai fasilitator, mengingat sangat terbatasnya kewenangan UKP-PIP pada fungsi koordinasi dan pengendalian dan pembenahan pengajaran Pancasila di sekolah-sekolah. Yudi pun meminta masyarakat untuk tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan.

“Jadi sebenarnya kewenangannya terbatas tapi ekspektasi publik sangat besar,” katanya lagi.

Oleh karena itu, Yudi berencana menggaet sejumlah komunitas dengan sejumlah relawan yang bersedia bersama-sama bertanggung jawab merawat Pancasila dan melakukan sosialisasi ke masyarakat agar semakin mengenal Pancasila.

“Seperti Bung Karno bilang, Pancasila itu semula digali dari komunitas. Oleh karena itu kalau kita ada masalah, sebenarnya negara itu minta tolong kepada komunitas untuk bisa ikut serta dalam merawat nilai-nilai ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Yudi juga menjawab pertanyaan terkait keinginan masyarakat untuk memunculkan kembali pendidikan moral Pancasila dalam kurikulum sekolah. Menurutnya, wewenang tersebut ada di tangan kementrian terkait, yakni Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sementara itu, sembilan Pengarah UKP-PIP yang juga dilantik Presiden Jokowi hari ini adalah Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, M. Mahfud MD, Ahmad Syafii Maarif, Ma’ruf Amin, Said Aqil Siradj, Andreas Anangguru Yewangoe, Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek.

 

Sumber : Terpilih Jadi Kepala UKP Pancasila, Ini Rencana Yudi Latief
Terpilih Jadi Kepala UKP Pancasila, Ini Rencana Yudi Latief
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments