Sunday, November 28, 2021
Home Jitu News Tiga Pilar Sejahtera Bakal Kooperatif dan Transparan

Tiga Pilar Sejahtera Bakal Kooperatif dan Transparan

Inspeksi mendadak terhadap anak perusahaan PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA), yakni PT Indo Beras Unggul (IBU) menambah heboh peliknya urusan pangan di tanah air. Kabarnya PT IBU menjual beras bersubsidi yang dikemas premium dengan harga yang lebih mahal.

Atas perkara hukum itu, pihak AISA mengaku siap berlaku kooperatif dan transparan terhadp pihak-pihak yang berwenang. Sebelumnya PT IBU dinyatakan melakukan kecurangan dengan menggunakan beras subsidi untuk dijual sebagai beras premium dengan harga jual tinggi.

AISA memiliki visi menjadi perusahaan berwawasan nasional yang berperan serta dalam membangun Indonesia dan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bersama dengan surat yang disampaikan, AISA menyebutkan pedoman PT IBU dalam melaksanakan tugasnya. Pedoman tersebut di antaranya adalah PT IBU membeli gabah dari petani dan beras dari mitra penggilingan lokal.

Hanya saja untuk saat ini pihak AISA, dalam hal ini Direktur AISA Jo Tjong Seng, belum mau berbicara banyak apalagi berspekulasi tentang perkara hukum tersebut. Setidaknya pihak AISA telah melakukan koordinasi secara internal dan eksternal untuk memverifikasi semua fakta.

“Semua sesuai dengan yang tertera dalam surat,” ungkapnya singkat.

Dalam inspeksi mendadak itu, ditemukan 1.161 ton beras PT IBU yang siap jual dalma kemasan premium. Tapi rupanya, tim sidak yang terdiri dari Kementerian Perdagangan, kementerian Pertanian, Kepolisian RI, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menuding bahwa tumpukan beras PT IBU itu adalah beras IR64 yang disubsidi oleh negara.

Kabarnya, beras yang diduga bersubsidi itu dijual lebih tinggi oleh PT IBU seharga Rp 20.000. Padahal negara telah menentukan bahwa beras dengan kualitas seperti itu dilego dengan harga Rp 9.000.

Dalam surat tersebut juga dinyatakan bahwa beras yang diproduksi PT IBU sesuai dengan deskripsi mutu Standart Nasional Indonesia (SNI). Jo melalui surat tersebut mengklarifikasi bahwa PT IBU mencantumkan kode produksi dan informasi fakta nutrisi. Nutrisi yang tertera di kemasan beras milik PT IBU dinilai oleh kepolisian tidak sesuai dengan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

 

Sumber : Tiga Pilar Sejahtera Bakal Kooperatif dan Transparan
Tiga Pilar Sejahtera Bakal Kooperatif dan Transparan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments