Friday, September 24, 2021
Home Nasional Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Sektor Pertanian Mampu Penuhi Ekspektasi

Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Sektor Pertanian Mampu Penuhi Ekspektasi

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Hari Priyono, mengatakan bahwa menjelang akhir tahun ketiga kebijakan pemerintah Jokowi dan JK di bidang pertanian, telah memberikan dampak yang signifikan terkait peningkatan produksi yang berdampak bagi kesejahteraan petani.

Seperti padi, jagung dan kedelai adalah tiga komoditas awal yang digenjot peningkatan produksinya sejak awal melalui program Upaya Khusus (Upsus) Pajale.

“Secara bertahap, program kebijakan pemerintah di sektor pertanian di era nawacita mulai menunjukan hasil. Produksi Gabah Kering Giling (GKG) di tahun 2015 mencapai 75,55 juta ton meningkat 4,66 % di bandingkan tahun 2014 sebesar 70, 85 juta dan di tahun 2016 produksi mencapai 79,1 juta ton,” ujar Hari di Jakarta, Selasa (11/7).

Di tahun ini, lanjutnya, tercatat untuk pertama kalinya Indonesia berswasembada beras setelah 32 tahun. Peningkatan produksi juga terjadi pada komoditi bawang merah dengan capaian 1,29 juta ton meningkat sebesar 5,74 persen dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 1,22 juta.

Sama halnya dengan bawang, untuk komoditi cabai produksi di tahun 2016 produksi mencapai 78.167 ton sedangkan kebutuhan 54.346 juta ton. Produksi jagung juga mengalami kenaikan, naik 4,2 juta ton atau 21,9 persen, peningkatan produksi jagung ini setara Rp 13,2 triliun.

Data Biro Pusat Statistik mencatat pencapaian produksi jagung di Februari 2017 sebesar 6,3 juta ton, jika dibandingkan februari 2016 hanya sebesar 3,2 juta ton. Dari pencapaian tersebut bukan mustahil jika target 24,2 juta ton di tahun 2017 ini dapat tercapai.

Dengan demikian, Hari meyakini bahwa Kementerian Pertanian mampu memenuhi ekspektasi target swasembada dalam hanya dalam 2 tahun. Terlebih, di tahun 2016 pemerintah pun mengambil kebijakan yang berpihak kepada petani dengan tidak mengeluarkan rekomendasi impor, beras, cabai, dan bawang merah.

“Capaian-capaian tersebut adalah hasil kita bersama dari berbagai komponen bangsa. Mari kita syukuri, terus bergerak dan sama-sama kita perbaiki kekurangan tanpa harus membuat kegaduhan. Kami tunggu sumbangsihnya,” pungkas Hari.

Sumber : Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Sektor Pertanian Mampu Penuhi Ekspektasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments