TIM SAR LANTAMAL XIV KEMBALI MENANGANI KECELAKAAN LAUT

0
228

Sorong, 20 Januari 2018. Lantamal XIV kembali melaksanakan Search and Rescue (SAR) terhadap KM Kasuari Pasifik 03 yang mengalami kecelakaan laut di Perairan Sorong yang membawa 71 orang penumpang, ABK dan Nahkoda 20 orang, serta 3 orang pengikut siswa BP2IP. Lantamal XIV dalam pelaksanaan SAR terhadap KM Kasuari Pasifik 03 tersebut mengerahkan unsur KAL Wayag. Selasa (16/01/18).

Pelaksanaan SAR tersebut dimulai setelah Ketua Tim (Katim)  SAR Lantamal XIV Kapten Laut (T) Gesang Atma Sujadi mendapat laporan tentang adanya sebuah Kapal yang bernama KM Kasuari Pasifik 03 mengalami kebocoran yang ditumpangi 71 orang penumpang, ABK dan Nahkoda 20 orang, serta 3 orang pengikut siswa BP2IP di Perairan Sorong. Peristiwa tersebut pada posisi 00° 43’ 24” S – 131º 24’ 89”. Selanjutnya informasi tersebut diteruskan ke Sops Lantamal XIV, Staf Intelijen Lantamal XIV, Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal XIV dan Komandan Lantamal (Danlantamal) XIV Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S. Sos., M. M. memerintahkan Tim SAR Lantamal XIV untuk menuju lokasi kejadian menggunakan KAL Wayag dengan Komandan Kapal (Dankal) Wayag Kapten Laut (P) Eko Hadi Suwarno didampingi Dankal Betok (BTO) Lettu Laut (P) Endro Pamungkas, Palaksa Kal Wayag Lettu Laut (P) Indra Utomo, dan Kadepsin Kal Wayag Lettu Laut (T) Iswantoro, serta pengawak KAL Wayag yang lainnya.

Sesaat setelah proses SAR berlangsung, KAL Wayag melaksanakan sailing pass dengan KM Sabuk Nusantara 42 sudah di evakuasi seluruh penumpang KM Kasuari Pasifik 03, selanjutnya menuju Pelabuhan Umum Sorong untuk melaksanakan embarkasi personel. KAL Wayag RV dengan KM Kasuari Pasifik 03 bersama dengan KN Sar Baladewa, KPLP dan KP. Enggano untuk kondisi KM Kasuari Pasifik 03 sudah dalam kondisi miring 20°, selanjutnya menuju ke Pelabuhan Umum Sorong untuk melaksanakan perbaikan. KAL Wayag beserta Kapal SAR lainnya melaksanakan pengawalan dan penyekatan di KM Kasuari Pasifik 03 dan KM Sabuk Nusantara 42, Selanjutnya KM Kasuari Pasifik 03 melaksanakan lego jangkar di perairan Sorong di sebelah Barat Pulau Dofior untuk melaksanakan perbaikan.

(Dispen Lantamal XIV)

Sumber :
http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/43567/Default.aspx

Comments

comments