Monday, October 18, 2021
Home Nasional Tingkat Kecelakaan Mudik Menurun, Luhut Puji Kinerja Pemerintah

Tingkat Kecelakaan Mudik Menurun, Luhut Puji Kinerja Pemerintah

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, memuji kinerja pemerintah dan pihak terkait yang terlibat dalam pengendalian arus mudik dan balik tahun ini. Setidaknya, dari data yang dimiliki, Luhut menyatakan angka kecelakaan tahun ini turun 15 persen dari tahun lalu.

Data tersebut diambil Luhut dari Kepolisian yang menunjukkan penurunan jumlah kecelakaan saat mudik dan arus balik tahun ini ketimbang tahun lalu.

“Saya kira team work Pak Kapolri, Menteri PUPR, Menhub, dan Pertamina bagus sekali. Ini luar biasa, sepanjang saya ingat, ini pertama kali mudik yang jumlah kecelakaannya turun hampir 15 persen,” demikian ungkap Menteri Koordinator Maritim itu di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (4/7).

Mengutip laporan Polri pada tanggal 27 Juni 2017, per H+2 tingkat kecelakaan yang terjadi sebanyak 1.299 kasus. Bila dibandingkan dengan H+2 tahun 2016, jumlah kecelakaan mencapai 1.515 kasus.

Dalam acara halal bi halal itu, Luhut juga berbicara tentang evaluasi mudik. Menurutnya, Presiden telah mengeluarkan instruksi untuk meningkatkan konektivitas transportasi laut salah satunya dengan menambah kapal Ro-Ro (roll on-roll off), atau kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggerak sendiri dan bisa keluar sendiri juga.

“Masih ada, tapi kita melihat Ro-Ro ini berpengaruh, kita mau tambah Ro-Ro lagi. Presiden sudah memerintahkan itu,” terang Luhut.

Sejalan dengan Luhut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, juga mengatakan bahwa tingkat kecelakaan saat mudik tahun 2017 ini menurun hingga 28 persen.

“Angka kecelakaan menurun 28 persen,” kata Budiyanto.

AKBP Budiyanto menuturkan, jumlah kecelakaan lalu lintas pada Operasi Ramadhaniya 2017 sebanyak 95 kecelakaan sedangkan pada tahun 2016 sebanyak 132 kecelakaan. Dia mengatakan, kecelakaan kendaraan itu terjadi di jalan arteri pemukiman dan jalan utama nasional.

 

Sumber : Tingkat Kecelakaan Mudik Menurun, Luhut Puji Kinerja Pemerintah
Tingkat Kecelakaan Mudik Menurun, Luhut Puji Kinerja Pemerintah
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments