Monday, October 25, 2021
Home Nasional Tingkatkan Produktivitas di Pelabuhan, Menhub Sebut Ada 2 Cara

Tingkatkan Produktivitas di Pelabuhan, Menhub Sebut Ada 2 Cara

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Menhub nantinya akan mendiskusikan terkait banyaknya kapal yang dinilai terlalu banyak berada di pelabuhan.

“Saya nanti diskusi, kalau saya lihat memang kapalnya kebanyakan, sama terjadi di Merak-Bakauheni. Mestinya di tempat premium-premium seperti ini akan kita batasi dengan kapal-kapal kecepatan tinggi supaya produktivitas ruang tinggi,” ujar Budi, Sabtu (17/6).

Budi ingin produktivitas di pelabuhan semakin meningkat agar tetap bisa meningkatkan perekonomian di pelabuhan.

“Produktivitas satu sarana itu harus diperoleh supaya tingkat keekonomian terjadi, kapal kalau dia sebulan 30 kali income-nya cukup membayar pengembalian tapi karena kapalnya banyak dia hanya kebagian 15 kali, sebenarnya itu membuat tidak sehat, kalau itu tidak sehat, dia tidak mampu merawat kapal itu,” jelasnya.

Selain itu, Budi juga menyebut produktivitas di pelabuhan bisa dilakukan dengan moratorium dan sistem tingkat online. Penumpang juga akan mendapatkan informasi mengenai jadwal keberangkatan.

“Tapi kalau dipastikan ini kapal A, misalnya berangkat jam 3, orang bisa datang jam setengah 3, jadi dia bisa mem-plan. Kalau itu bisa dilakukan dengan baik, increasing penumpang, confident penumpang terhadap angkutan ini menjadi banyak,” ujar Budi.

 

Sumber : Tingkatkan Produktivitas di Pelabuhan, Menhub Sebut Ada 2 Cara
Tingkatkan Produktivitas di Pelabuhan, Menhub Sebut Ada 2 Cara
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments