Monday, October 25, 2021
Home Nasional Tips Mudik untuk Perempuan dan Anak

Tips Mudik untuk Perempuan dan Anak

Pada setiap Lebaran, budaya mudik memang tidak pernah hilang di Indonesia. Selalu banyak masyarakat yang melakukan perjalanan jauh untuk kembali ke kampung halaman. Tidak heran jika menimbulkan kepadatan dan kemacetan di jalan serta menimbulkan aksi kejahatan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, memberikan tips kepada pemudik agar melakukan mudik ramah bagi perempuan dan anak-anak.

“Bagi para orang tua, ingat modus kejahatan dan penculikan di tempat umum semakin banyak. Usahakan agar kita selalu menggandeng anak-anak agar tidak terlepas dari pengawasan,” imbau Yohana, Senin (19/6).

Yohana juga meminta agar masyarakat berhati-hati terhadap tawaran makanan, minuman, atau mainan dari orang yang tidak dikenal. Disarankan kepada orang tua untuk memakaikan tanda pengenal pada anak-anak agar mudah dicari jika terlepas.

“Pastikan ada nomor kontak orang tua di saku pakaian anak-anak. Saya juga mengimbau kepada para ibu atau kaum perempuan agar membawa kebutuhan khusus menyusui dan menstruasi selama di perjalanan,” lanjutnya.

Yohana juga mengimbau para orang tua untuk membawa kebutuhan makanan untuk anak-anak demi menjaga kenyamanan saat perjalanan. Selain itu, dia juga mengimbau agar tidak memakai perhiasan yang mencolok, agar terhindar dari tindak kejahatan.

“Mari kita gunakan kendaraan umum atau pribadi secara aman dan nyaman. Usahakan tidak membawa anak-anak yang masih bayi atau balita ketika mudik menggunakan sepeda motor karena dikhawatirkan melelahkan dan berisiko bagi kesehatan anak-anak kita,” tutup Yohana.

Selain itu, Yohana mengimbau para pemudik untuk tidak terlalu lelah dalam perjalanan, paling tidak beristirahat setiap 4 jam mengemudi.

 

Sumber : Tips Mudik untuk Perempuan dan Anak
Tips Mudik untuk Perempuan dan Anak
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments