Thursday, December 9, 2021
Home NASIONAL UMUM Tjahjo Minta KPK Usut Pemberian Izin Lahan Gambut

Tjahjo Minta KPK Usut Pemberian Izin Lahan Gambut

Perizinan lahan gambut masih menyisakan soal. Ada dugaan, pemberian izin terhadap pihak swasta dibaluti tindakan pidana korupsi. Oleh karena itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memantau dan mengusut perizinan lahan gambut.

Tjahjo menilai, lahan gambut selama ini sering diselewengkan. Akibatnya, kebakaran lahan kerap terjadi.

“KPK harus terjun siapa yang memberi izin tanah gambut, siapa yang menikmati tanah-tanah gambut itu,” kata Tjahjo di Rakornas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis (3/8/2017).

Tjahjo menjelaskan, keterlibatan KPK dalam mengawasi sektor pertambangan perlu juga menjangkau perizinan dalam pemberian izin terhadap perusahaan lahan gambut.

“Mudah-mudahan lahan gambut siapa yang memberikan izin tanah gambut, siapa yang mengelola siapa, yang menelantarkan siapa yang menjual belikan harus diusut,” imbuhnya.

Tjahjo juga menambahkan, keterlibatan pemerintah daerah untuk mengawasi sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya malpraktik kebijakan dalam pemberian izin lahan gambut.

“Harus dilaksanakan oleh Gubernur dan perangkatnya, Bupati, Wali Kota dengan perangkatnya sampai di tingkat yang paling bawah dan pemerintah pusat prinsipnya satu bagaimana membangun, mengelola hubungan antara pusat dan daerah ya harus efektif dan efisien,” katanya.

 

Sumber : Tjahjo Minta KPK Usut Pemberian Izin Lahan Gambut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments