Wednesday, August 4, 2021
Home Nasional TKA Jadi Polemik, Pengamat: Jokowi Tidak Salah-salah Banget

TKA Jadi Polemik, Pengamat: Jokowi Tidak Salah-salah Banget

Perpres tentang Tenaga Kerja Asing (TKA) menjadi polemik di masyarakat. Pengamat ekonomi, Ichsanuddin Noorsy menyebut Presiden Joko Widodo tidak bisa disalahkan sepenuhnya.

“Joko Widodo sesusungguhnya tidak salah-salah banget soal ini. Karena Indonesia memperlakukan ASEAN charter. Jadi asal muasal Joko Widodo menerbitkan kebijakan,” kata Ichsanuddin Noorsy dalam seminar Pra Kongres Boemipoetra di Hotel Santika Yogyakarta, Senin (23/4).

Menurutnya, ASEAN Charter menjadi rujukan Jokowi mengeluarkan kebijakan tersebut.

Dalam ASEAN Charter ada kebebasan lalu lintas tenaga kerja. Oleh sebab itu, masuknya tenaga kerja asing karena masyarakat ekonomi ASEAN.

“Tetapi ASEAN bukan negara China. Nah repotnya disini, ASEAN punya perjanjian dengan China, maka akhirnya China bisa masuk, persoalan pokoknya muncul,” katanya.

Dengan adanya kemudahan tenaga kerja asing, utang luar negeri dalam infrastruktur maka sebenarnya itu sedang memberikan potensi bisnis yang diberikan pada orang asing.

Melihat sejarah, ia mengatakan, Indonesia dipaksa untuk membenarkan kebebasan perusahaan asing beroperasi, dipaksa dalam perdagangan bebas, dipaksa dalam investasi asing.

“Apalagi dengan model hutang, ini tidak memberikan peluang Indonesia untuk harkat dan martabatnya,” katanya.

 

Sumber : TKA Jadi Polemik, Pengamat: Jokowi Tidak Salah-salah Banget
TKA Jadi Polemik, Pengamat: Jokowi Tidak Salah-salah Banget
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments