TNI Dilibatkan, Panglima TNI: Perannya Lebih Leluasa

0
439

Revisi UU Antiterorisme akan disahkan oleh DPR RI dalam sidang apripurna yang digelar Jumat (25/5). Seluruh poin telah disepakati, termasuk pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme.

Menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, peran TNI dalam memberantas terorisme akan lebih leluasa.

“Lebih leluasa, iya. Di dalam draf-nya, kita masukkan semuanya,” ucap Hadi di DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (23/5).

Nantinya implementasi pelibatan TNI dalam UU masih membutuhkan Peraturan Presiden (Perpres). Menurutnya, TNI akan ikut andil dalam mengatasi aksi terorisme yang terjadi.

“Ya, definisinya sudah masuk semua, untuk implementasinya nanti setelah turun peraturan presiden. Semuanya saya kira sudah masuk, utamanya adalah mengatasi aksi teror,” lanjutnya.

Hadi menjelaskan, pelibatan  Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI nantinya akan diatur dalam Perpres. Hadi mengatakan, draft-nya akan dibuat dengan mengacu pada UU TNI No 34/2004.

“Tapi khusus pada OMSP (operasi militer selain perang) pada tindakan mengatasi tindakan terorisme. Di sana sudah mulai ada pencegahan, penindakan, pemulihan. Semua dari tiga kemampuan kita, kita masukkan semua,” tambahnya.

Hadi menambahkan, draft peraturan presidennya sudah mulai disusun dengan melibatkan Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan HAM, serta pihak terkait lainnya.

Sumber : TNI Dilibatkan, Panglima TNI: Perannya Lebih Leluasa
TNI Dilibatkan, Panglima TNI: Perannya Lebih Leluasa
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here