Monday, September 27, 2021
Home Nasional Tokoh Muda Tegas Pancasila Sebagai Wadah Persatuan Bangsa

Tokoh Muda Tegas Pancasila Sebagai Wadah Persatuan Bangsa

Dalam diskusi ‘Orang Muda Bicara Pancasila’ yang lebih membahas Pancasila sebagai falsafah hidup menangkal intoleransi, diskriminasi, perpecahan, ketimpangan pembangunan, dan korupsi.

Acara ini banyak dihadiri oleh tokoh-tokoh muda dari berbagai elemen masyarakat. Salah satu pembicara yaitu Dosen Universitas Bung Karno (UBK) yang juga merangkap sebagai tenaga ahli DPR RI, Tweedy Noviadi, mengatakan bahwa Pancasila merupakan wadah persatuan bangsa yang mengumpulkan semua perbedaan dalam satu meja.

Menurut Ketum PP GMNI periode 2011-2015 ini, Pancasila yang merupakan sumber dari segala hukum di tanah air ini harus diimplemantasikan di lapangan. Jadi yang harus dilakukan sekarang yakni menginternalisasi Pancasila di seluruh aspek kehidupan berbangsa.

“Pancasila itu harus dioperasionalkan. Pancasila sebagai etos kerja dan juga etos masyarakat kita. Makanya, kita menyayangkan jika ada gesekan horizontal tiba-tiba baru bicara Pancasila,” kata Tweedy kepada Jitunews.com, di Yayasan Komunikasi Indonesia, Jl. Matraman No 10, Jakarta Timur, Selasa (6/6).

Sementara itu, Ketua Bidang Antar Lembaga dan Pemerintahan DPP Taruna Merah Putih, Ayub Manuel Pongrekun menegaskan bahwa Pancasila tidak bisa dilepaskan dengan Indonesia sebagai sebuah negara.

“Kita cukup beruntung, ketika Indonesia lahir kita belajar tentang konsep-konsep bernegara. Kalau kita belajar dari kebudayaan, Pancasila adalah jiwa raga kami. Yang paling penting adalah Pancasila sebagai internalisasi,” tutur Ketum PP GMKI 2014-2016 tersebut.

Untuk diketahui, para tokoh muda yang menjadi pembicara dalam acara yang dihelat oleh Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) tersebut antara lain, Addin Jauharudin (Komisaris PT. Garam, Ketum PB PMII 2011-2014); Noer Fajriansyah (Direktur PT. PPI, Ketum PB HMI 2010-2012); Tweedy Noviadi (Dosen UBK, Tenaga Ahli DPR RI, Ketum PP GMNI 2011-2015), dan IMade Bawa Yasa (Koordinator Nasional Tim Sapu Bersih Lahan Tidur Kementrian Pertanian RI, Presidium Pusat KMHDI 2012-2014)

Selain itu juga ada Lidya Natalia Sartono (Sekretaris Jendral Vox Point Indonesia, Direktur NCBI, Ketum PP PMKRI 2013-2015); Ayub Manuel Pongrekun (Ketua Bidang Antar Lembaga dan Pemerintahan DPP Taruna Merah Putih, Ketum PP GMKI 2014-2016); Andriyana (Ketum PP KAMMI 2013-2015); dan Suparjo (Tenaga Ahli DPR RI, Ketum PP HIKMAHBUDHI 2014-2016).

Sumber : Tokoh Muda Tegas Pancasila Sebagai Wadah Persatuan Bangsa
Tokoh Muda Tegas Pancasila Sebagai Wadah Persatuan Bangsa
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments