Tuesday, October 19, 2021
Home AKADEMISI Tunjang Pendidikan Inklusif, UNS Siapkan Fasilitas Difabel Corner

Tunjang Pendidikan Inklusif, UNS Siapkan Fasilitas Difabel Corner

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2017, UPT Perpustakaan UNS bekerja sama dengan Tim Ahli Pendidikan dan Kebudayaan UNS Surakarta, menyelenggarakan diskusi terarah (focus group discussion), bertempat di Gedung A lantai 2 FKIP UNS, Senin (8/5/2017).

Hadir sebagai pembicara, dosen dan Wakil Dekan I FKIP UNS, Dr. Munawir Yusuf, M.Pd. serta dosen Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS, Dr. Suharno, S.T, M.T.

Kegiatan ini dipandu oleh Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.

Peserta diskusi ini terdiri dari guru besar, dosen, tenaga kependidikan, perwakilan dinas pendidikan, sekolah, dan instansi-instansi terkait. Salah satu topik yang dibahas dalam diskusi tersebut adalah penerapan pendidikan inklusif di perguruan tinggi dan langkah-langkah menuju kampus inklusif yang ramah disabilitas.

Menuju Kampus Inklusif Ramah Disabilitas

Dr. Munawir Yusuf, M.Pd. mengatakan pendidikan inklusi (kegiatan belajar bagi siswa didik berkebutuhan khusus) di perguruan tinggi belum berkembang dengan baik seperti halnya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, meski instrumen terkait pendidikan inklusi pada kenyataanya telah dikembangkan oleh pemerintah. Munawir juga mengatakan penerimaan mahasiswa disabilitas di sejumlah perguruan tinggi masih bersifat alamiah tanpa adanya kebijakan-kebijakan khusus yang jelas.

Munawir berharap ke depannya perguruan tinggi bersedia menyediakan kejelasan informasi terkait penerimaan mahasiswa disabilitas dan juga menyediakan fasilitas yang ramah serta layak untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa disabilitas. Perguruan tinggi juga harus terbuka mencantumkan dalam pengumumannya bahwa penyandang disabilitas diberikan kesempatan yang sama untuk tes seleksi masuk perguruan tinggi, misalnya melalui program afirmasi, kuota penerimaan, atau seleksi khusus.

Difabel Corner

Menuju kampus yang ramah disabilitas, UPT Perpustakaan UNS dalam waktu dekat akan merealisasikan fasilitas Difabel Corner sebagai salah satu sarana sosialisasi, diskusi, literasi, serta informasi terkait disabilitas. Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum., menegaskan pentingnya penerapan pendidikan inklusi di perguruan tinggi guna memperluas kesempatan bagi para penyandang disabilitas mengenyam pendidikan.

 

Sumber : Tunjang Pendidikan Inklusif, UNS Siapkan Fasilitas Difabel Corner
Tunjang Pendidikan Inklusif, UNS Siapkan Fasilitas Difabel Corner
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments