Friday, September 24, 2021
Home Militer UJI TERAMPIL GLAGASPUR P1 DAN P2 DI LANAL BATAM

UJI TERAMPIL GLAGASPUR P1 DAN P2 DI LANAL BATAM

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas, Pangkalan TNI Angkatan Laut Batam melaksanakan Geladi Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) P1 dan P2 yang diikuti seluruh prajurit Lanal Batam, oleh Tim penguji dari Kolatarmabar, yang dilaksanakan hari Rabu dan Kamis, (02 s.d 03/08/2017)

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Rencana Latihan Geladi Tugas Tempur Pangkalan Tingkat 1 dan 2 Lanal Batam TW III TA. 2017. Tim Penguji dari Kolatarmabar diterima oleh Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo. Kegiatan secara resmi dibuka oleh ketua tim penguji dari Kolatamabar Letkol Laut (P) Taman Sembiring dan dihadiri oleh Danlanal Batam beserta Perwira Staf Lanal Batam  dan Tim Penguji Kolatarmabar.

Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 yang dilaksanakan di Lanal Batam berlangsung selama dua hari dengan materi latihan meliputi uji tertulis dan praktek lapangan berupa materi dasar Glagaspur unsur KAL/Patkamla dan Pangkalan. Uji unsur KAL terdiri dari uji keterampilan kepelautan dan bahari berupa latihan navigasi, olah gerak kapal, tali temali, peluit, senjata, dan komunikasi.

Uji Materi Pangkalan terdiri dari latihan P5T meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dalam Dinas (PDD) Khas TNI AL dan Latihan Pertahanan Pangkalan meliputi Peran Tempur Bahaya Udara, Latihan Pemadam Kebakaran (PEK), evakuasi medis, Latihan Penindakan Huru-Hara (Dakhura), Latihan Renang, Latihan Komunikasi dan latihan Senjata yang meliputi menembak perorangan dan bongkar pasang senjata.

Hasil akhir dari penilaian uji trampil glagaspur P1 dan P2 yang dilaksanakan di Lanal Batam ini dijadikan tolok ukur terhadap kemampuan prajurit Lanal Batam sebagai evaluasi guna peningkatan pelaksanaan latihan yang akan datang dengan harapan dapat lebih meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan individu maupun kelompok prajurit Lanal Batam sehingga mampu melaksanakan tugas pokok secara profesional.

Kegiatan diakhiri dengan acara penutupan di Rupat Lanal Batam, dengan didahului pembacaan hasil penilaian uji trampil di Lanal Batam serta penyerahan hasil sementara secara simbolis oleh Ketua Tim kepada Lanal Batam.

(Pen Lanal Batam)

 

Sumber: http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/38152/Default.aspx

Most Popular

Recent Comments