Friday, September 24, 2021
Home Nasional UKBI Sudah Jadi Komitmen Kongres Bahasa Indonesia V

UKBI Sudah Jadi Komitmen Kongres Bahasa Indonesia V

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPP Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dadang Sunendar, pihaknya berniat mengukuhkan Bahasa Indonesia di mata internasional.

Salah satunya adalah dengan menerapkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), yang merupakan  tes standar yang dikembangkan oleh Badan Bahasa untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia penutur bahasa Indonesia, baik penutur sejati maupun asing.

“Sebelum undang-undang tentang kebahasaan lahir, gagasan UKBI telah dihadirkan sebagai wujud komitmen para ahli bahasa, ahli pengajaran bahasa, dan praktisi berbagai bidang dalam Kongres Bahasa Indonesia V pada tahun 1988,” kata Dadang, saat membuka Seminar Nasional Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia, di kantor BPP Bahasa, Jakarta, Selasa (1/8).

 

Menurutnya, situasi kebahasaan di Indonesia memiliki karakteristik multilingual. Bahasa Indonesia harus dikukuhkan agar menjadi pilihan utama dalam berkomunikasi di ruang publik.

“Bahasa Indonesia berada di antara 646 bahasa daerah terkodifikasi dan di antara belasan bahasa asing yang aktif digunakan dalam berkomunikasi di Indonesia,” ujarnya lagi.

BPP Bahasa, lanjut Dadang, berkomitmen untuk memberikan pembekalan terbaiknya bagi para penutur asing agar mampu menguasai kemampuan bahasa Indonesia yang mumpuni.

“Kami sudah mempunyai UKB di Singapura dan Paris, sehingga nantinya orang asing yang masuk ke Indonesia baik sebagai mahasiswa atau tenaga kerja harus mempunyai level bahasa Indonesia yang sesuai,” pungkasnya.

Sumber : UKBI Sudah Jadi Komitmen Kongres Bahasa Indonesia V
UKBI Sudah Jadi Komitmen Kongres Bahasa Indonesia V
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments