Monday, August 2, 2021
Home Nasional Ungkap Syarat Pendamping Jokowi, PDIP: Secara Chemistry Harus Cocok

Ungkap Syarat Pendamping Jokowi, PDIP: Secara Chemistry Harus Cocok

PDI Perjuangan sudah resmi mendeklarasikan pencalonan Jokowi menjadi calon Presiden dalam Pilpres 2019. Digaung-gaungkan bahwa pendamping Jokowi harus dari kalangan ulama atau santri.

Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga punya kriteria sendiri untuk calon pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. Eriko ingin cawapres Jokowi mampu melengkapisecara elektabilitas dan kapasitas.

“Secara chemistry cocok dengan presiden Joko Widodo. Kedua menambah elektabilitas beliau tentunya di Pemilu yang akan datang,” kata Eriko usai penutupan Rakernas III PDIP, Sanur, Bali, pada hari Minggu (25/2).

Erico mengatakan cawapres Jokowi harus menggambarkan NKRI. Artinya menggambarkan keberagaman yang ada di Indonesia.

“Jadi ada 3 alasan kuat yang dibicarakan dalam rakernas ini. Baik secara formal maupun nonformal seperti itu,” kata Eriko.

Tapi, lanjut Eriko, siapa orangnya sendiri itu adalah domain dari ketua umum Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. Serta harus dibicarakan dengan siapa nanti partai-partai yang mendukung ke depannya.

Eriko menegaskan, tak ada syarat mutlak bagi calon pendamping Jokowi mesti dari kalangan militer atau ulama.

Faktor lain yang jadi penentu cawapres Jokowi adalah siapa lawannya di Pilpres nanti. Sehingga, penentuan cawapres tak perlu terburu-buru.

“Ada salah satu lagi faktor penting. Yaitu melihat siapa yang akan menjadi mitra kompetisi nanti. Kan begitu. Ini kan berapa kedua calon atau ketiga calon, atau poros baru, ini kan akan diperhitungkan. Banyak hal yang akan diperhitungkan ke depannya. Tapi memang pembicaraan-pembicaraan ini masih jauh karena memang waktunya masih cukup,” tutup dia.

 

Sumber : Ungkap Syarat Pendamping Jokowi, PDIP: Secara Chemistry Harus Cocok
Ungkap Syarat Pendamping Jokowi, PDIP: Secara Chemistry Harus Cocok
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments