Untuk Darurat, AS Izinkan Penggunaan Vaksin Covid Pfizer

0
45

Vaksin Covid buatan Pfizer. (Foto: AFP)

Harmoni Media – Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada Jumat (11/12/2020) telah mengizinkan penggunaan vaksin Covid buatan Pfizer Inc. Inokulasi (penyuntikan) pertama diharapkan akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.

Keluarnya izin dari FDA tersebut diharapkan menjadi titik balik pandemi virus corona di Amerika Serikat. Wabah Covid-19 telah membunuh lebih dari 292.000 orang di negeri Paman Sam.

FDA memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin corona buatan Pfizer—yang dikembangkan dengan perusahaan mitra dari Jerman, BioNTech.

Hasil uji coba tahap akhir menunjukkan, vaksin tersebut terbukti 95 persen manjur dalam mencegah penyakit Covid-19. Tingkat efektivitas yang menjanjikan itu membuat vaksin tersebut diminati banyak negara.

FDA menyatakan, vaksin itu dapat diberikan kepada orang yang berusia 16 tahun ke atas. Sementara, para petugas kesehatan dan lansia di fasilitas perawatan jangka panjang diharapkan menjadi kelompok penerima prioritas pada inokulasi tahap pertama yang mencakup 2,9 juta dosis.

Red