Monday, September 27, 2021
Home NASIONAL UMUM Upacara Bendera di Istana Tunjukan Indonesia Kaya Budaya

Upacara Bendera di Istana Tunjukan Indonesia Kaya Budaya

Ada yag beda dalam upacara peringatan pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, di rezim Jokowi-JK tahun ini.

Hal beda itu pun cukup mencolok, yakni mereka yang hadir dalam upacara 17 Agustus, termasuk pejabat negara, semuanya mengenakan pakaian khas adat. Begitu pula dengan Presiden Joko Widodo yang mengenakan pakaian khas Kalimantan Selatan dan Jusuf Kalla dengan pakain Bugis.

Jokowi mengklaim bahwa kebijakan mengenakan pakaian adat dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan utnuk menunjukan bahwa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari beraneka budaya.

“Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki,” ucapnya di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2017.

Kapolri Tito Karnavian yang nampak hadir dalam upacara tersebut mengenakan pakaian adat yang berasal dari Papua. Sedangkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung hadir dengan mengenakan pakaian khas Jawa Tengah.

Keharusan mengenakan pakaian adat juga berlaku bagi para Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Peringatan upacara pengibaran bendera tahun ini pun terasa lebih spesial. Tidak hanya karena Jokowi dan JK menggunakan pakaian adat daerah, tapi juga karena kehadiran semua mantan presiden yang mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka adalah Baharuddin Jusuf Habibie, Megawati Sukarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Sumber : Upacara Bendera di Istana Tunjukan Indonesia Kaya Budaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments