Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Upaya Petugas Bandara Juanda Usir Burung Liar yang Berpotensi Ganggu Penerbangan

Upaya Petugas Bandara Juanda Usir Burung Liar yang Berpotensi Ganggu Penerbangan

Petugas Bandara Juanda, Jawa Timur, mengerahkan segenap cara guna mengusir burung-burung yang singgah di kawasan bandara Juanda akibat migrasi pertengahan tahun yang biasanya terjadi sekitar bulan Juni dan Juli ketika musim kemarau mulai tiba.

General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono, mengatakan bahwa sejumlah hal dilakukan untuk mengusir burung-burung liar tersebut, seperti penggunaan pengeras suara dengan frekuensi tinggi.

Sejumlah suara predator pun juga digaungkan. “Kami juga menggunakan mirip predator yang biasa memangsa burung. Dengan demikian burung akan merasa tidak nyaman dan kemudian akan pergi,” kata Yuwono, di Sidoarjo, Rabu (12/7).

Petugas juga menggunakan sinar laser untuk mengganggu indra penglihatan burung. Selain itu, Yuwono mengatakan bahwa pihaknya mendapat sejumlah saran agar burung-burung tersebut tidak datang ke kawasan bandara.

“Kami juga mendapat masukkan untuk memotong rumput di malam hari saja supaya tidak mengundang kehadiran burung-burung,” katanya.

“Dari penelitian yang sudah kami lakukan, terdapat 42 jenis burung yang ada di lingkungan Bandara Juanda ini,” tambahnya.

Kondisi Bandara Juanda yang disinggahi burung tersebut, menurut Komunitas Nol Sampah Surabaya, tidak lepas dari keberadaan hutan bakau yang berada membentang dari kawasan Wonorejo yang mulai didatangi burung daru Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Keberadaan burung, bahkan jika jumlahnya sampai bergerombol, memang menjadi momok tersendiri bagi dunia penerbangan. Burung yang tidak sengaja tersedot masuk ke mesin pesawat akan menyebabkan mesin mati.

Sejumlah kejadian terkait gerombolan burung yang mengganggu penerbangan sudah sering terjadi. Salah satu yang paling dikenal masyarakat dunia adalah insiden pesawat US Airways 1549 yang mendarat darurat di Sungai Hudson setelah terserang gerombolan burung.

 

 

Sumber : Upaya Petugas Bandara Juanda Usir Burung Liar yang Berpotensi Ganggu Penerbangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments